Pengembangan Ensiklopedia berbasis Etnomatematika untuk melatih kemampuan literasi matematis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurhayati, Ika Silvi (2023) Pengembangan Ensiklopedia berbasis Etnomatematika untuk melatih kemampuan literasi matematis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ika Silvi Nurhayati_D74216055 OK.pdf

Download (998kB)

Abstract

Kemampuan literasi matematis adalah kemampuan minimal seorang peserta didik dalam merumuskan, mengaplikasikan, dan menafsirkan pengetahuan matematika yang telah dipelajari ke dalam kehidupan sehari-hari dalam berbagai konteks. Untuk melatihkan kemampuan literasi matematis salah satunya dengan cara mengembangkan ensiklopedia berbasis etnomatematika. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan ensiklopedia berbasis etnomatematika yang valid, praktis dan efektif serta mendeskripsikan peningkatan kemampuan literasi matematis peserta didik setelah penerapan ensiklopedia berbasis etnomatematika dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Thiagarajan (4D) yang terdiri dari 4 tahapan yakni, Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), dan Penyebaran (Disseminate). Produk yang dihasilkan berupa buku ensiklopedia berbasis etnomatematika elektronik menggunakan aplikasi flip.html yang dapat diakses secara online. Uji coba produk dalam penelitian ini dilakukan pada 15 peserta didik kelas VIII MTs Maslakul Huda, Paciran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah catatan lapangan (field note), validasi, angket respon peserta didik, dan tes. Hasil penelitian pengembangan ensiklopedia berbasis etnomatematika ini masuk kategori “sangat valid” dengan nilai rata-rata total validitas (RTV) sebesar 4,5 dari tiga validator, masuk kategori “praktis” dengan hasil uji kepraktisan yang dinyatakan dengan nilai “B” dapat digunakan dengan beberapa yang perlu direvisi. Ensiklopedia berbasis etnomatematika juga mendapat respon “positif” dari peserta didik dengan rata-rata 87,5% dan mampu melatihkan kemampuan literasi matematis yang dinyatakan “meningkat” dengan persentase peningkatan sebesar 73,34%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurhayati, Ika Silviikasilvi31@gmail.comD74216055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuparto, Supartozakfikam@gmail.com2002046903
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuni.arrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Subjects: Matematika
Keywords: Pengembangan; Ensiklopedia; Etnomatematika; Literasi Matematis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ika Silvi Nurhayati
Date Deposited: 12 Nov 2023 13:58
Last Modified: 12 Nov 2023 13:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61367

Actions (login required)

View Item View Item