Analisis penerapan strategi bauran pemasaran ditinjau dari etika bisnis islam pada Minimarket Sakinah cabang Keputih Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Budiman, Dandy Nala Putera (2022) Analisis penerapan strategi bauran pemasaran ditinjau dari etika bisnis islam pada Minimarket Sakinah cabang Keputih Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dandy Nala Putera Budiman_G04218011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Adanya perkembangan dalam bidang bisnis menyebabkan setiap perusahaan harus bersaing untuk mempertahankan bisnisnya. Bauran pemasaran yang efektif yang bisa dijadikan sebagai acuan bagi pebisnis yaitu strategi bauran pemasaran. Saat ini, seiring dengan perkembangan dunia bisnis banyak perusahaan yang menjalankan bisnis berbasis syariah, seperti ritel syariah. Bauran pemasaran berbasis syariah menjadi strategi alternatif dalam menerapkan nilai-nilai islam pada setiap kegiatannya. Oleh karena itu dalam menjalankan usahanya, pebisnis haruslah menerapkan prinsip-prinsip yang terdapat dalam etika bisnis Islam dimana mengacu kepada Al-Quran dan Hadist. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui analisis strategi bauran pemasaran pada minimarket Sakinah cabang Keputih (SDR) Surabaya. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dilakukan hanya di satu objek lokasi. Penelitian ini melakukan analisis data yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan beberapa narasumber. Data yang diperoleh berasal dari data sekunder maupun data primer. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa dalam strategi bauran pemasaran yang diterapkan di Minimarket Sakinah cabang Keputih (SDR) Surabaya telah menerapkan prinsip-prinsip etika berbisnis dalam Islam, baik dari variabel produk maupun variabel harga. Variabel produk yaitu tidak melakukan pengurangan takaran dan kejelasan serta kualitasnya selalu diperiksa, telah menerapkan tata letak produk yang baik, dan hanya menjual produk yang halal saja. Variabel harga yaitu telah memberikan keadilan dalam harga yang ditetapkannya, tidak melakukan pemanipulasian harga diskon, dan tidak mengambil keuntungan yang berlebihan. Saran yang penulis ajukan dari hasil penelitian ini untuk objek penelitian yaitu diharapkan untuk tetap bertahan, meningkatkan, maupun menjadikan etika bisnis Islam sebagai acuan dalam membangun suatu bisnis, sehingga dalam menghadapi persaingan usaha terhindar dari hal-hal yang dilarang oleh agama Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Budiman, Dandy Nala Puteradandy.xander30@gmail.comG04218011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasadah, Masadahadahmas@yahoo.co.id2105127801
Subjects: Islam
Pemasaran
Keywords: etika bisnis Islam; prinsip etika bisnis Islam; minimarket Sakinah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dandy Budiman
Date Deposited: 24 Mar 2023 01:13
Last Modified: 24 Mar 2023 01:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61368

Actions (login required)

View Item View Item