Persepsi wali siswa terhadap pembelajaran tatap muka terbatas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 10 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dwianinda, Pita Octavia (2023) Persepsi wali siswa terhadap pembelajaran tatap muka terbatas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 10 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Pita Octavia Dwianinda_D91218154.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran tatap muka terbatas menjawab kerisauan murid, pendidik, dan orang tua terkait kejenuhan peserta didik terhadap pembelajaran daring. Penetapan pnyelenggaraan PTM terbatas berdasarkan pada SKB) Empat Menteri No. 03/KB/2021, No. 384 Tahun 2021, No. HK.01.08/ MENKES/4242/2021, No. 440-717 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaran Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) pembelajaran tatap muka terbatas pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 10 Surabaya. 2) memberikan gambaran fenomena pembelajaran tatap muka terbatas pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMAN 10 Surabaya dalam persepsi wali siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun sumber data pada penelitian ini, yaitu Pendidik mata pelajaran PAI, Orang tua peserta didik, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Staf Kurikulum SMAN 10 Surabaya, buku, jurnal, artikel, profil sekolah, dan sumber data lain yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) PTM terbatas 50% diimplementasikan SMAN 10 Surabaya dimulai pada 6 September 2021 dengan prosedur PTM terbatas diterapkan dengan baik. Pada mapel PAI PTM terbatas menggunakan kombinasi tatap muka dan virtual daring bersamaan yaitu PJJ berlangsung via Google Meet. tahapan pembelajaran mapel PAI pada PTM terbatas tetap mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. 2) Persepsi wali siswa terhadap PTM terbatas mapel PAI di SMAN 10 Surabaya yakni, orang tua mendukung dan menyetujui pelaksanaan PTM terbatas karena lebih efektif dari pada pembelajaran daring dan tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan. Pada mata pelajaran pendidikan agama Islam pembelajaran tatap muka terbatas berlangsung dengan optimal dengan materi disampaikan keseluruhan materi. Beban kerja pendidik dalam PTM terbatas berbanding lurus dengan peningkatan semangat dan hasil belajar peserta didik, sehingga tujuan pembelajaran tercapai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dwianinda, Pita Octaviapitaoctav@gmail.comD91218154
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Thesis advisorFaizin, Moh.faizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Subjects: Pendidikan Islam
Peradilan Agama Islam
Keywords: Pembelajaran; pembelajaran tatap muka;persepsi wali siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pita Octavia Dwianinda
Date Deposited: 31 Mar 2023 02:55
Last Modified: 31 Mar 2023 02:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61374

Actions (login required)

View Item View Item