Pembelajaran bahasa asing model tutor sebaya dalam upaya menunjang prestasi siswa di TMI Al-Amien Prenduan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ma'ruf, Amar (2023) Pembelajaran bahasa asing model tutor sebaya dalam upaya menunjang prestasi siswa di TMI Al-Amien Prenduan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amar Ma'ruf_02040821005.pdf

Download (2MB)

Abstract

Model tutor sebaya merupakan sejumlah siswa sebagai anggota kelompok kecil yang tingkat kemampuannya berbeda. Dalam pembelajaran, setiap siswa harus bekerja sama dan saling membantu dalam memahami materi pelajaran. Tutor sebaya dilakukan atas dasar bahwa ada sekelompok siswa yang lebih mudah bertanya, lebih terbuka dengan teman sendiri dibandingkan dengan gurunya. Penelitian ini mengkaji tentang model pembelajaran tutor sebaya yang di dilaksanakan di TMI Al-Amien Prenduan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Kemudian penelitian ini dianalisis menggunakan teori Behavioristik yang dikembangkan oleh teori bandura, dan teori kontruktivisme yang di kembangkan oleh teori Vygotsky. Hasil penelitian ini adalah Pertama, kegiatan ektrakurikuler yang ada di TMI Al-Amien Prenduan (diistilahkan Kompetensi Pilihan). Para tutornya terdiri dari santri kelas IV MA TMI Al-Amien Prenduan. Bahkan mereka juga ada yang menjadi pendidik sebaya pada kegiatan tadarus al-Qur'an dan kegiatan ibadah nawafil lainnya. Kedua, sebagai pendidik sebaya, maka santri Kelas IV TMI termotivasi untuk menjadi teladan bagi adik kelasnya, dengan meraih prestasi perlombaan di Model tutor sebaya merupakan sejumlah siswa sebagai anggota kelompok kecil yang tingkat kemampuannya berbeda. Dalam pembelajaran, setiap siswa harus bekerja sama dan saling membantu dalam memahami materi pelajaran. Tutor sebaya dilakukan atas dasar bahwa ada sekelompok siswa yang lebih mudah bertanya, lebih terbuka dengan teman sendiri dibandingkan dengan gurunya. Penelitian ini mengkaji tentang model pembelajaran tutor sebaya yang di dilaksanakan di TMI Al-Amien Prenduan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Kemudian penelitian ini dianalisis menggunakan teori Behavioristik yang dikembangkan oleh teori bandura, dan teori kontruktivisme yang di kembangkan oleh teori Vygotsky. Hasil penelitian ini adalah Pertama, kegiatan ektrakurikuler yang ada di TMI Al-Amien Prenduan (diistilahkan Kompetensi Pilihan). Para tutornya terdiri dari santri kelas IV MA TMI Al-Amien Prenduan. Bahkan mereka juga ada yang menjadi pendidik sebaya pada kegiatan tadarus al-Qur'an dan kegiatan ibadah nawafil lainnya. Kedua, sebagai pendidik sebaya, maka santri Kelas IV TMI termotivasi untuk menjadi teladan bagi adik kelasnya, dengan meraih prestasi perlombaan di bidangnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ma'ruf, AmarMa'rufamar21428@gmail.com02040821005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSalamah, Husniyatushusniyatussalamah@uinsby.com2021036901
Thesis advisorSuryani, Suryanisuryaniifpk@uinsby.ac.id2012087701
Subjects: Pendidikan
Keywords: Pembelajaran bahasa; tutor sebaya; prestasi
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Amar Ma'ruf
Date Deposited: 27 Mar 2023 01:34
Last Modified: 27 Mar 2023 01:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61382

Actions (login required)

View Item View Item