Penerapan teknik REBT berbasis rasa syukur untuk mengatasi rasa percaya diri rendah seorang mahasiswa akibat body shaming di Kabupaten Situbondo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mabarroh, Umdatul (2022) Penerapan teknik REBT berbasis rasa syukur untuk mengatasi rasa percaya diri rendah seorang mahasiswa akibat body shaming di Kabupaten Situbondo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umdatul Mabarroh_B93218174 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah 1) Mengetahui Pola Teknik REBT Berbasis Rasa Syukur untuk Mengatasi Rasa Percaya Diri Rendah Seorang Mahasiswa Akibat Body Shaming di Kabupaten Situbondo. 2) Mengetahui Perubahan Perilaku dengan Teknik REBT Berbasis Rasa Syukur untuk Mengatasi Rasa Percaya Diri Rendah Seorang Mahasiswa Akibat Body Shaming di Kabupaten Situbondo.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data yang diperoleh di lapangan, kemudian dianalisis dengan menggunakan deskriptif komparatif dengan membandingkan data pada teori dan lapangan melalui langkah-langkah: identifikasi masalah, diagnosis, prognosa, treatment, dan evaluasi. Pada tahap treatment langkah yang digunakan yaitu menyadarkan konseli mengenai keyakinan irasionalnya, melawan pikiran irasional (disputing),membantu konseli menyusun perubahan baru. Hasil akhir dari pelaksanaan teknik REBT berbasis rasa syukur dapat dikatakan berhasil. Hal ini dapat dilihat dan diketahui dari perubahan yang telah konseli lakukan yaitu konseli dapat meningkatkan kepercayaan dirinya dan melawan keyakinan irasionalnya dengan berusaha untuk tidak membandingkan dirinya dengan orang lain, mulai mensyukuri setiap hal yang terjadi,membiasakan diri berpikir positif, dan belajar memahami serta mengenal potensi diri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mabarroh, Umdatulumdatulmabarroh@gmail.comB93218174
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyakur, Abdulakurasakur66@gmail.com2004076603
Subjects: Bimbingan Konseling
Psikologi
Remaja
Keywords: Rational Emotive Behavior Therapy; terapi syukur; kepercayaan diri rendah; body shaming
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Umdatul Mabarroh
Date Deposited: 27 Mar 2023 07:16
Last Modified: 27 Mar 2023 07:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61392

Actions (login required)

View Item View Item