Eksistensi Gesis Teater di Desa Glatik Kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khuluqi, Moh. Sahlul (2021) Eksistensi Gesis Teater di Desa Glatik Kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Sahlul khuluqi_I73215037 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang di angkat dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Gesis Teater bisa mengembangkan kesenian, moral, dan spiritual pemuda desa Glatik dalam ke eksistensiannya. Dan penelitian ini bertujuan untuk mengatahui tentang Gesis Teater yang bisa mengembangkan kesenian, moral, dan spiritual pemuda desa Glatik dalam ke eksistensiannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif diskriptif. Tehnik penggalian data menggunakan tehnik Wawancara, observasi dan dokumentasi, sehingga penelitian ini di lakukan secara meluas pada sasaran objek penelitian. Dalam penelitian ini, teori yang di gunakan adalah Teori Fungsionalisme Struktural. Hasil penelitian ditemukan bahwa; Gesis Teater merupakan kelompok kesenian yang dinaungi oleh IPNU-IPPNU ranting Glatik, ia di bentuk sebagai wadah untuk semua kesenian yang diperbolehkan dalam Islam. Eksistensinya terbilang cukup pesat bahkan sampai pada era modern ini, kegiatan yang diadakannya terbilang bermanfaat, tidak hanya dari pementasan, namun juga dalam latihan atau kajian-kajiannya. Eksistensi Gesis Teater tidak hanya ada didalam desa saja, namun di beberapa desa lintas kecamatan juga banyak mengenal akan keramahan, kesopanan, dan kekompakan dari anggota yang menjadikan Gesis Teater mempunyai nilai tersendiri. Selain Gesis Teater yang bersedia menopang adat dan kebudayaan desa, semangat para anggota untuk tetap mempertahankan eksistensinya, dibantu dengan masyarakat desa yang masih memegang adat dan budaya, saling berkontribusi serta memahami adanya perbedaan menjadikan mereka bisa saling melengkapi dalam melestarikan budaya desa. Disamping keeksistensiannya, Gesis Teater tidak hanya punya sudut pandang akan kesenian saja, namun juga terdapatnya pandangan atau bahkan pendidikan terkait moral dan spiritual. Dengan adanya pendidikan-pendidikan yang diajarkan itu, sehingga Gesis Teater bisa mengembangkan kesenian, moral, dan spiritual pemuda desa Glatik, dan oleh karenanya, maka tidak heran jika Gesis Teater masih bisa eksis dan berkembang hingga saat ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khuluqi, Moh. Sahlulsahlulhehe@gmail.comI73215037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufiq, Amalamal_taufiq@yahoo.co.id197008021997021001
Subjects: Kesenian
Remaja
Keywords: Eksistensi; Gesis Teater; pemuda
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Sosiologi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Mar 2023 03:24
Last Modified: 27 Mar 2023 03:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61397

Actions (login required)

View Item View Item