Pengembangan modul pembelajaran Al Mumtaz berbasis Assosiative Learning untuk meningkatkan keterampilan membaca kitab di Pesantren Roudlotul Qur’an Tlogoanyar Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Masykurotin (2022) Pengembangan modul pembelajaran Al Mumtaz berbasis Assosiative Learning untuk meningkatkan keterampilan membaca kitab di Pesantren Roudlotul Qur’an Tlogoanyar Lamongan. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Masykurotin Azizah_F03119011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sumber-sumber informasi hukum Islam hingga saat ini masih berpijak pada kitab-kitab karangan ulama yang menggunakan Bahasa Arab yang terhimpun dalam kitab kuning. Komunitas yang secara intens tumakninah mengkaji hasil karya ulama ulama tersebut adalah para santri di pesantren. Dalam proses mengkaji para santri merasa kesulitan mengkaji kitab kuning terutama pada kemampuan memahami ilmu kaidah bahasa arab (nahwu-sarf). Kesulitan itu muncul terkait dengan strategi pembelajaran, buku teks, struktur materi, keterbatasan waktu. Berangkat dari kegelisahan tersebut, maka dilakukan pengembangan bahan ajar berupa modul pembelajaran al Mumtaz yang didalamnya secara menyatu memuat materi, pendekatan dan metode pembelajaran, serta penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran desain pengembangan modul pembelajaran al Mumtaz, menganalisis kelayakan modul pembelajaran tersebut, serta memberikan gambaran efektifitas pelakasanaan pembelajaran menggunakan modul pembelajaran al Mumtaz. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada teori Borg and Gall yang dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan pengembangan bahan ajar. Untuk menganalisis data penulis menggunakan mixed methode yakni jenis, kualitatif dan kuantitatif. Perhitungan analisisnya menggunakan persentase dan two related sampel test model uji Wilcoxon. Temuan penulis terkait pengembangn ini menghasilkan produk modul pembelajaran al Mumtaz, berbentuk modul pembelajaran yang bersifat self instructional, sehingga siswa bisa belajar secara mandiri, yang juga diblanded dengan berbasis kelas untuk materi praktik membaca dan pemahaman bacaan. Sedangkan keefektifan modul ini dinyatakan sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan pada “Test Statistics” diketahui Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 lebih kecil dari < 0,05, maka terdapat perbedaan antara hasil belajar sebelum dan setelah menggunakan modul pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Masykurotinrotinaziz@gmail.comF03119011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMudlofir, Alimudlofir_ali@yahoo.com2016116301
Thesis advisorHuda, Hisbullahhisbullahhuda70@yahoo.com.2007017001
Subjects: Pendidikan
Keywords: Modul Pembelajaran; Keterampilan membaca Kitab; al Mumtaz
Divisions: Program Doktor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Masykurotin Azizah
Date Deposited: 06 Apr 2023 02:25
Last Modified: 06 Apr 2023 02:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61431

Actions (login required)

View Item View Item