Orkestrasi sumber daya insani: mengelola sumber daya intangible perspektif virtual capital lembaga keuangan syariah: studi pada BPRS Bhakti Sumekar Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatmariyah, Fatimatul (2023) Orkestrasi sumber daya insani: mengelola sumber daya intangible perspektif virtual capital lembaga keuangan syariah: studi pada BPRS Bhakti Sumekar Sumenep. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fatimatul Fatmariyah_02040321010.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tahun 2021 jumlah lembaga keuangan syariah meningkat dengan market share yang lebih besar dari tahun sebelumnya, namun disisi lain mengalami fluktuasi fungsi intermediasi yang disebabkan daya saing dan kompetensi Sumber Daya Insani (SDI) sangat rendah, sehingga perlu pengelolaan SDI melalui orkestrasi. Tujuan penelitian 1). Mengeksplorasi sumber daya intangible SDI perspektif virtual capital, 2). Mengeksplorasi orkestrasi sumber daya intangible SDI perspektif virtual capital, dan 3). Mengeksplorasi kerangka kerja orkestrasi SDI perspektif virtual capital. Metode penelitian adalah kualitatif naratif dengan informan sebanyak 7 orang. Teknik analisis data adalah interactive model melalui data reduction, display, dan conclusion dengan credibility triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1). Sumber daya intangible SDI perspektif virtual capital untuk intellectual capital terdiri dari sikap, pengetahuan, keterampilan, pengalaman dan inovasi, social capital terdiri dari kemampuan membangun kerjasama, kepercayaan dan partisipasi dalam masyarakat lokal, serta moral capital terdiri dari sifat jujur, bertanggung-jawab, penyayang dan pemaaf, 2). Orkestrasi sumber daya intangible SDI perspektif virtual capital adalah orkestrasi intellectual capital, social capital dan moral capital yang dilakukan secara bertahap melalui penataan, penggabungan dan pemanfaatan kemampuan SDI yang dimiliki oleh masing-masing individu yang berbeda-beda dalam sebuah teamwork yang mampu menjadi kekuatan besar sehingga lembaga keuangan Syariah memiliki daya saing, 3). Framework orkestrasi sumber daya insani (OSDI) memperlihatkan konfigurasi implementasi secara bertahap mekanisme penataan, penggabungan dan pemanfaatan intellectual capital, social capital, dan moral capital melalui berbagai proses. Orkestrasi ini mampu mengatasi kelemahan dengan cara combination integrative collaborative secara berkesinambungan, sehingga tercipta suatu irama yang harmoni dalam menyatukan berbagai kekuatan simfoni SDI dalam mempertahankan dan meningkatkan daya saing perusahaan. Keterbatasan penelitian ini antara lain, peneliti hanya menggunakan perspektif virtual capital yang terdiri dari intellectual capital, social capital, dan moral capital dan belum memasukkan seluruh dimensi atau indikator lain dari virtual capital.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatmariyah, Fatimatulfatmariyahfatimatul@gmail.com02040321010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFatmah, Fatmahfatmah@uinsby.ac.id197507032007012020
Thesis advisorAhsan, Muhamadm.ahsan@uinsby.ac.id2021066802
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Ekonomi Islam
Manajemen Personalia
Keywords: Orkestrasi; virtual capital; intellectual capital; social capital; moral capital; lembaga keuangan syariah
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fatimatul Fatmariyah
Date Deposited: 30 Mar 2023 06:57
Last Modified: 30 Mar 2023 06:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61440

Actions (login required)

View Item View Item