Fikih zakat perusahaan dalam perspektif teori entitas dan determinasi kepatuhan perusahaan membayar zakat di Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hafandi, Akhmad (2022) Fikih zakat perusahaan dalam perspektif teori entitas dan determinasi kepatuhan perusahaan membayar zakat di Jawa Timur. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Akhmad Hafandi_01040120019 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan jawaban atas masalah zakat perusahaan perspektif fikih dan perspektif teori entitas, serta determinasi kepatuhan perusahaan membayar zakat. Hal ini penting, mengingat potensi zakat perusahaan di Provinsi Jawa Timur sangat besar, namun kurang dari 1 persen yang sudah menjadi muzaki. Di lain pihak, kemiskinan di Jawa Timur adalah sebesar 10,8% atau lebih besar dibandingkan rata-rata kemiskinan yang ada di Jawa dan Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode campuran untuk menjawab rumusan masalah yang telah ditetapkan. Rumusan masalah kesatu dan rumusan masalah kedua dijawab dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang melibatkan delapan narasumber, sedangkan rumusan masalah ketiga memakai pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan 400 kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Modelling Partial Least Squares (SEM- PLS). Hasil analisis atas masalah kesatu dan masalah kedua menemukan bahwa zakat perusahaan berhukum wajib disebabkan perusahaan merupakan shakhs}iyyah i‘tiba>riyyah, sedangkan teori entitas tidak berlaku terkait dengan zakat perusahaan dikarenakan harta zakat adalah milik pemegang saham. Sedangkan analisis SEM untuk menjawab masalah ketiga menemukan beberapa faktor determinan yang mempengaruhi kepatuhan membayar zakat, di antaranya religiositas, pemahaman dan intensi. Religiositas dan pemahaman juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi dan kepatuhan membayar zakat. Hasil penelitian ini menunjukkan peran mediasi intensi dalam mempengaruhi hubungan antara pemahaman, religiositas dan kepatuhan membayar zakat. Implikasi teoretik penelitian ini, antara lain, memberikan kontribusi pada literatur tentang zakat perusahaan dan penyusunan peraturan/kebijakan pengelolaan zakat dan CSR, serta menyempurnakan teori entitas menjadi Shariah Entity Theory (SENT).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hafandi, Akhmadahafandi@ymail.com01040120019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasir, M. Ridlwanm.ridlwannasir@gmail.com2017085003
Thesis advisorSyafaq, Hammishammissyafaq@yahoo.com2016017501
Subjects: Fikih
Islam
Amil Zakat
Keywords: Zakat perusahaan; teori entitas; determinasi dan kepatuhan zakat
Divisions: Program Doktor > Studi Islam
Depositing User: Mr Akhmad Hafandi
Date Deposited: 31 Mar 2023 03:38
Last Modified: 31 Mar 2023 03:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61445

Actions (login required)

View Item View Item