Hubugan Problem Focused Coping dan Emotion Focused Coping dengan College Adjustment pada Mahasiswa Tahun Pertama di Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dinita, Dilla Artha (2022) Hubugan Problem Focused Coping dan Emotion Focused Coping dengan College Adjustment pada Mahasiswa Tahun Pertama di Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dilla Artha Dinita_J01217015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perubahan pada sistem pembelajaran dapat mempengaruhi kondisifisik dan psikismahasiswa karena setiap mahsiswa mempunyai kondisi kesiapan yang berbeda. Mahasiswa umunya melakukan adaptasi dengan lingkungan perguruan tinggi yang dikenal dengan college adjustment. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan problem focused coping dan emotion focused coping dengan college adjustment.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan data. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa tahun pertama di kota Surabaya, dengan jumlah partisipan 175 mahasiswa tahun pertama di kota Surabaya dan rentan usia 18 hingga 22 tahun. Penelitian ini juga menggunakan teknik purposive sampling danteknik analisis data regresi linear berganda. Alat ukur yang digunakan yaitu Student Adjustment to College Questionnaire (SACQ)sebagai alat ukur college adjustment dan Ways Of Coping sebagai alat ukur problem focused coping dan emotion focused coping. Hasil penelitian menunjukkanbahwa problem focused coping dan emotion focused copingmemiliki hubungan positif dan signifikan terhadap college adjustment.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dinita, Dilla Arthadillaarthadinita7389@gmail.comJ01217015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFithri, Rizmasoobihah@gmail.com2012037402
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: college adjustment; problem focused coping; emotion focused coping
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Dilla Artha Dinita
Date Deposited: 31 Mar 2023 01:36
Last Modified: 31 Mar 2023 01:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61451

Actions (login required)

View Item View Item