Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis model exclusive dalam peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS di SDN Tambin 1 Tragah Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggara, Dony Dwi (2023) Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis model exclusive dalam peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS di SDN Tambin 1 Tragah Bangkalan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dony Dwi Anggara_02041021004.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pada era saat ini, salah satu sebuah permasalahan yang dihadapi siswa yakni mengenai hasil belajar. Khususnya dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), disini siswa masih kesulitan dalam memahami materi sehingga hasil belajar yang diperoleh masih kurang maksimal. Sementara Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang digunakan masih cenderung monoton. Sehingga juga dibutuhkan model ExCluSiVE untuk mendapat hasil belajar yang baik. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan desain pengembangan dari Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan untuk memahami efektifitas lembar kerja peserta didik berbasis pengembangan model ExCluSiVE yang telah dikembangkan untuk meningkatkan hasil belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SDN Tambin 1 Tragah Bangkalan Pada hakikatnya penelitian ini termasuk kategori Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE dimana lima tahap yang dilakukan yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek penelitian ini yakni 24 siswa pada kelas VI UPTD SDN Tambin 1 Tragah Bangkalan. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, angket, wawancara, dokumentasi dan tes. Kemudian data yang terkumpul dilakukan analisis menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif, analisis validitas dan analisis efektifitas. Desain yang dilakukan pengembangan beracuan pada karakteristik yang dimiliki oleh siswa dan lingkungannya. Sehingga disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Dimana desain LKPD yang dikembangkan dikategorikan valid oleh ahli bahan ajar dan ahli materi sehingga layak digunakan. Kemudian dalam menunjukkan efektifitas menggunakan paired sample t-test sehingga terdapat efektifitas pada LKPD berbasis ExCluSiVE dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggara, Dony Dwidonydwianggara22@gmail.com02041021004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhlishah, Mukhlishahmukhlishah.bki@gmail.com2005056801
Thesis advisorAliwafa, Aliwafaaliw87870@gmail.com2029016802
Subjects: Metode Pembelajaran
Pengajaran
Keywords: Penelitian dan pengembangan; pembelajaran IPS; exclusive; hasil belajar
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dony Dwi Anggara
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:56
Last Modified: 03 Apr 2023 07:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61454

Actions (login required)

View Item View Item