Pengaruh pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) terhadap akhlak siswa kelas XE VIII di SMAN 1 Taman

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Achmad, Zuhrotun Faizah (2023) Pengaruh pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) terhadap akhlak siswa kelas XE VIII di SMAN 1 Taman. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zuhrotun Faizah Achmad_D91219159.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui 1) pembelajaran Proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema gaya hidup berkelanjutan di kelas XE VIII SMAN 1 Taman; 2) akhlak siswa kelas XE VIII SMAN 1 Taman; 3) pengaruh Pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema gaya hidup berkelanjutan terhadap akhlak siswa kelas XE VIII di SMAN 1 Taman. Jenis penelitian ini termasuk field research atau penelitian lapangan yang dianalisis melalui pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan seluruh siswa kelas XE VIII SMAN 1 Taman tahun pelajaran 2021-2022. Sebanyak 36 siswa menjadi sampel pada penelitian ini karena jumlah populasi kurang dari 100 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini memanfaatkan teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Penyebaran angket dilakukan melalui google form, sedangkan analisis data dilakukan dengan rumus korelasi regresi linear sederhana. Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema gaya hidup berkelanjutan di kelas XE VIII SMAN 1 Taman terletak pada rentang nilai 79% dalam kategori baik; 2) akhlak siswa di kelas XE VIII SMAN 1 Taman menunjukkan nilai 79% pada kategori baik; 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema gaya hidup berkelanjutan terhadap akhlak siswa kelas XE VIII di SMAN 1 Taman, dengan hasil penelitian menunjuk angka 56,6% sebagai koefisien besar pengaruh yang terjadi, dengan persamaan Yi = 6,257+0,80Xi. Maka, diperoleh Rsquare 0,566 pada taraf signifikansi 5% dengan Fhitung>Ftabel. Oleh karena itu, hipotesis yang menyatakan ada pengaruh pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema gaya hidup berkelanjutan terhadap akhlak siswa kelas XE VIII di SMAN 1 Taman di terima, dan menolak hipotesisi nol.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Achmad, Zuhrotun Faizahzuhrotunfaizah01@gmail.comD91219159
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbitolkha, Amir Malikiamir.abitolkha@gmail.com2008117102
Thesis advisorManan, Abdulabdulmanan1970@gmail.com0710067001
Subjects: Akhlak
Islam dan Ilmu Pengetahuan
Pengajaran
Keywords: Pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila; Akhlak Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zuhrotun Faizah Achmad
Date Deposited: 04 Apr 2023 04:24
Last Modified: 04 Apr 2023 04:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61465

Actions (login required)

View Item View Item