Strategi diplomasi ekonomi Indonesia dalam kerja sama pengembangan ekonomi lokal dengan PT. Shopee Internasional Indonesia tahun 2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfadina, Aulia Junita (2023) Strategi diplomasi ekonomi Indonesia dalam kerja sama pengembangan ekonomi lokal dengan PT. Shopee Internasional Indonesia tahun 2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aulia Junita Alfadina_I92218068.pdf

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan mempertimbangkan banyaknya usaha lokal di Indonesia, pemerintah Indonesia berkeinginan untuk mengembangkan UMKM yang memiliki potensi dalam pengembangan ekonomi di Indonesia. Melihat adanya dampak globalisasi terhadap ekonomi, Indonesia menggandeng kerja sama dengan start up. PT. Shopee Internasional Indonesia merupakan penyedia platform ekonomi digital terbesar di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi diplomasi ekonomi Indonesia dalam kerja sama pengembangan ekonomi lokal dengan PT. Shopee Internasional Indonesia tahun 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Indonesia menggunakan strategi Niche-Focused dalam diplomasi ekonomi, yaitu negara yang telah mengidentifikasi bidang strategis, lalu memfokuskan tindakan pada bidang yang dipilih. Bidang yang difokuskan pada penelitian ini yaitu UMKM Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfadina, Aulia Junitaaulia.junita99@gmail.comI92218068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurika, Rizki Rahmadinirr.nurika@uinsby.ac.id2025039001
Subjects: Hubungan Internasional
Keywords: Strategi; pengembangan ekonomi lokal; diplomasi ekonomi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Aulia Junita Alfadina
Date Deposited: 04 Apr 2023 03:37
Last Modified: 04 Apr 2023 03:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61466

Actions (login required)

View Item View Item