Evaluasi pemberdayaan ekonomi pesantren dalam perspektif Cipp: studi pada PW Rabithah Ma’ahid Islamiyah NU Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Risma Savhira Dwi (2021) Evaluasi pemberdayaan ekonomi pesantren dalam perspektif Cipp: studi pada PW Rabithah Ma’ahid Islamiyah NU Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Risma Savhira Dwi Lestari_G94217119.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metodologi penelitian yang digunakan dalam Penelitian yang dilakukan pada PW Rabithah Ma’had Islamiyah NU Jawa Timur ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun pada penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dan berdasarkan data primer maupun data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada penelitian Skripsi yang dilakukan pada PW Rabithah Ma’had Islamiyah NU Jawa Timur ini, penulis mengaitkan Model Evaluasi Sumatif Cipp pada Strategi Pemberdayaan Ekonomi Pesantren. Hasil penelitian yang didapatkan pada penelitian ini yaitu Strategi yang dilakukan oleh PW RMI NU Jawa Timur untuk menerapkan pemberdayaan ekonomi pesantren, melalui beberapa proses sebagai berikut: 1. Contex Evaluation, 2. Input Evaluation, 3. Process Evaluation, dan 4. Product Evaluation. Adapun rekomendasi yang dapat menjadi bahan masukan kepada Pimpinan Wilayah (PW) Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur yaitu memaksimalkan strategi untuk menjalankan program pemberdayaan ekonomi pesantren. Model evaluasi sumatif CIPP diharapkan secara intens dikembangkan oleh pengelola pesantren agar memiliki output sesuai dengan visi dan misi pesantren.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, Risma Savhira Dwirisma.savhira@yahoo.comG9421711
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Abdulhakim_ekis@yahoo.co.id2004087004
Subjects: Ekonomi Islam
Keuangan Islam
Pesantren
Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Islam; Pondok Pesantren; Pemberdayaan Ekonomi di Pondok Pesantren; Model Evaluasi CIPP.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Risma Savhira Dwi Lestari
Date Deposited: 06 Apr 2023 03:03
Last Modified: 06 Apr 2023 03:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61472

Actions (login required)

View Item View Item