Penerapan strategi pemasaran industri fashion halal berdasarkan analisis SWOT pada UMKM brand hijab koalakofashion.id dalam perspektif etika bisnis Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mauliddhiyah, Ana Yuliana (2023) Penerapan strategi pemasaran industri fashion halal berdasarkan analisis SWOT pada UMKM brand hijab koalakofashion.id dalam perspektif etika bisnis Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ana Yuliana Mauliddhiyah_G04217010.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Penerapan Strategi Pemasaran Industri Fashion Halal Berdasarkan Analisis SWOT Pada UMKM Brand Hijab Koalakofashion.id Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam” ini merupakan hasil penelitian kualitatif deskriptif yang masuk penelitian lapangan (field research) yang bertujuan menjawab rumusan masalah yang terdapat pada penelitian yaitu bagaimana strategi pemasaran UMKM Brand Hijab Koalakofashion.id berdasarkan analisis SWOT dan bagaimana implementasi strategi pemasaran dalam perspektif etika bisnis Islam pada UMKM Brand Hijab Koalakofashion.id. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yaitu metode yang digunakan untuk menganalisis data berdasarkan kebenaran atau fakta-fakta yang ada di lapangan. Sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder. Data primer diperoleh wawancara, observasi, dokumentasi dan kuisioner Sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen, jurnal dan literature lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. UMKM Koalakofashion.id dengan menggunakan analisis SWOT menunjukkan posisi di kuadran 1 yang berarti strategi yang dianjurkan adalah strategi SO (Strength-Opportunities) atau biasa disebut GOS (Growth Oriented Strategy) yang menunjukkan UMKM ini memilik banyak peluang dan kekuatan. 2. Strategi pemasaran UMKM Koalakofashion.id telah sesuai dengan etika bisnis Islam yaitu kejujuran, ramah kepada konsumen, menjalin hubungan baik kepada karyawan dan konsumen,tolong menolong dan barang yang dijual adalah barang halal. Dari hasil penelitian, saran bagi UMKM diharapkan semakin aktif dalam memasarkan produknya selain itu mengenai strategi pemasaran dalam perspektif etika bisnis Islam sudah terlaksana dengan baik supaya mendapat nilai keberkahan dan berjalan sesuai dengan syariat Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mauliddhiyah, Ana Yulianaent.media36@gmail.comG04217010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasadah, Masadahadahmas@yahoo.co.id2105127801
Subjects: Dagang
Ekonomi Islam
Etika
Keywords: Strategi pemasaran; industri fashion halal; analisis SWOT; etika bisnis Islam
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ana Ana Yuliana Mauliddhiyah
Date Deposited: 17 May 2023 01:18
Last Modified: 17 May 2023 01:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61477

Actions (login required)

View Item View Item