Kontribusi ojek online Gojek bagi kondisi perekonomian mitra dan penyerapan tenaga kerja di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitria, Alifia Siti Zulaicha Noor (2022) Kontribusi ojek online Gojek bagi kondisi perekonomian mitra dan penyerapan tenaga kerja di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alifia Siti Zulaicha Noor Fitria_G91218065.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sampel pada penelitian ini sejumlah 73 orang yang merupakan Mitra Gojek Surabaya. Penelitian ini bersifat lapangan. Dalam teknik pengumpulan data yang dipergunakan pada penelitian ini adalah observasi, studi dokumen, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data mempergunakan yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kontribusi Gojek terhadap mitra nya terbagi menjadi dua macam yakni kontribusi materi dan bukan materi. Dalam bentuk materi Gojek memberikan dana berupa bonus target, saldo deposit, voucher belanja dan voucher diskon untuk mitra, sedangkan dalam bentuk bukan materi Gojek memberikan wadah dan ruang kepada mitra untuk para mitra mengembangkan potensi mereka baik dalam bentuk pelatihan maupun forum– forum diskusi, memberikan layanan medis berupa program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) ketenagakerjaan dan ambulan gratis. Bagi penyerapan tenaga kerja di Surabaya, Gojek berupaya untuk meningkatkan permintaan akan layanan mereka sehingga Gojek dapat melakukan rekrutmen calon mitra baru. Adanya Gojek turut membantu mitra untuk mendapatkan penghasilan,baik penghasilan utama maupun penghasilan sampingan. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan, maka penulis mengajukan saran–saran yaitu sebaiknya Gojek lebih memperhatikan mitra dalam bentuk keamanan kendaraan mitra, walaupun telah banyak kontribusi Gojek baik materi maupun bukan materi terhadap mitra namun jaminan keamanan kendaraan mitra masih tidak ada. Sebaiknya Gojek dapat memberikan kontribusi berupa asuransi kehilangan kendaraan bagi mitra yang menjalankan aplikasi mereka. Karena dalam prosesnya kendaraan yang digunakan mitra merupakan kendaraan pribadi. Dalam penyerapan tenaga kerja sebaiknya Gojek dapat membuka lapangan pekerjaan yang lebih luas lagi sehingga rekrutmen terbesar mereka tidak hanya bergantung kepada rekrutmen mitra driver saja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitria, Alifia Siti Zulaicha Nooralifiasznoorfitria@gmail.comG91218065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSaoki, Saokisauqiamin@gmail.com2004047405
Subjects: Ekonomi
Keywords: Ojek Online; Perekonomian Mitra; Penyerapan Tenaga Kerja
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Alifia siti zulaicha Noor fitria
Date Deposited: 04 Apr 2023 01:42
Last Modified: 04 Apr 2023 01:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61491

Actions (login required)

View Item View Item