Efektivitas penerapan model pembelajaran numbered heads together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar PAI dan Budi Pekerti kelas VIII SMPN 2 Mantup Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nabilah, Balqis Rif'atun (2023) Efektivitas penerapan model pembelajaran numbered heads together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar PAI dan Budi Pekerti kelas VIII SMPN 2 Mantup Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Balqis Rif'atun Nabilah_D71218061.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil belajar PAI dan Budi Pekerti kelas VIII SMPN 2 Mantup Lamongan yang masih dikatakan rendah salah satunya diakibatkan mode pembelajaran yang kurang bervariatif. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan untuk mengetahui; 1) Penerapan model pembelajaran numbered heads together (NHT) dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Mantup Lamongan. 2) Hasil belajar PAI dan Budi Pekerti sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran numbered heads together (NHT). 3) Efektivitas penerapan model pembelajaran numbered heads together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar PAI dan Budi Pekerti peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Mantup Lamongan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain Non-Equivalent Control Group Design untuk mengetahui hasil belajar PAI dan Budi Pekerti dengan penerapan model pembelajaran numbered heads together (NHT). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 193 orang peserta didik. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 55 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan menggunakan purposive sampling yaitu teknik sampling yang digunakan peneliti jika memiliki pertimbangan-pertimbangan tertentu di dalam pengambilan sampelnya. Data diperolah dengan menggunakan teknik observasi, tes, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan parametrik. Hasil pada penelitian ini menyatakan bahwa; 1) Penerapan model pembelajaran numbered heads together (NHT) dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Mantup Lamongan terlaksana dengan aktvitas guru yang sangat baik dan aktivitas murid yang sangat aktif. 2) Hasil belajar PAI dan Budi Pekerti sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran numbered heads together (NHT) menunjukkan pada skor pre-test dengan rata-rata 56,15, sedangkan skor post-test menunjukkan rata-rata 74,55. 3) Penerapan model pembelajaran numbered heads together (NHT) memiliki efektivitas dalam meningkatkan hasil belajar PAI dan Budi Pekerti peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Mantup Lamongan. Hal tersebut data dibuktikan dengan hasil uji-t dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai tersebut menunjukkan (kurang dari)>0,05 pada taraf signifikansi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nabilah, Balqis Rif'atunduniabalqisrifatun@gmail.comD71218061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNiam, Khoirun--2025077001
Thesis advisorFahmi, Muhammad--2106087701
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Model Pembelajaran; Numbered Heads Together; Hasil Belajar; Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Balqis Rif'atun Nabilah
Date Deposited: 11 Apr 2023 06:19
Last Modified: 11 Apr 2023 06:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61500

Actions (login required)

View Item View Item