Analisis literasi digital peserta didik pada materi aritmetika sosial berbasis aplikasi Kahoot

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zulitania, Dwi Handrini (2023) Analisis literasi digital peserta didik pada materi aritmetika sosial berbasis aplikasi Kahoot. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Handrini Zulitania_D74217037.pdf

Download (23MB)

Abstract

Teknologi pendidikan berbasis digital harus diimbangi dengan kemampuan yang mengarah pada digitalisasi seperti saat ini atau biasa disebut dengan kemampuan literasi digital. Literasi digital adalah kemampuan seseorang dalam memahami dan memanfaatkan informasi yang bersumber dari berbagai sistem komputasi digital. Untuk melihat tingkatan literasi digital dapat diukur sesuai dengan individual competence framework. Terdapat tiga indikator yang digunakan yaitu technical skill, critical understanding dan social competence. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat literasi peserta didik pada pada materi aritmetika sosial berbasis aplikasi kahoot di SMP Negeri 5 Tuban. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang dilaksanakan di SMP Negeri 5 Tuban dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Uji coba dilakukan pada 6 peserta didik kelas VIII-A yang dipilih secara acak menggunakan purposive sampling. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan berdasarkan indikator individual competence framework. Hasil penelitian ini memaparkan dari 6 peserta didik yang telah dianalisis menggunakan indikator literasi digital diantaranya 2 peserta didik berada pada tingkatan medium pada indikator technical skills dan critical understanding tetapi pada indikator social competance berada pada tingkatan basic , 2 peserta didik berada pada tingkatan medium pada seluruh indikator yaitu technical skills, critical understanding dan juga social competence sedangkan 2 peserta didik lain berada pada tingkatan advance pada seluruh indikator.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zulitania, Dwi Handrinihandrini98@gmail.comD74217037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyosugaghost@gmail.com2021088301
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com197411042008012008
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Teknologi
Keywords: Literasi digital; aritmatika sosial; aplikasi Kahoot
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dwi Zulitania
Date Deposited: 06 Apr 2023 03:56
Last Modified: 06 Apr 2023 03:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61506

Actions (login required)

View Item View Item