Puasa Senin Kamis terhadap kesehatan holistik berdasarkan hadis riwayat sunan al-Tirmidhi nomor indeks 747: kajian ma'anil hadis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachmawati, Devi Ayu (2023) Puasa Senin Kamis terhadap kesehatan holistik berdasarkan hadis riwayat sunan al-Tirmidhi nomor indeks 747: kajian ma'anil hadis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Devi ayu rachmawati_E05219006.pdf

Download (2MB)

Abstract

Puasa yang hanya dilaksanakan pada hari senin dan hari kamis itu disebut dengan puasa senin kamis, puasa senin kamis ini termasuk puasa sunah. Cara penerapannya hampir sama dengan puasa wajib (Ramadhan) perbedaannya hanya terletak pada niat. Berpuasa memiliki pengaruh bagi kesehatan baik mental maupun jasmani. Health Belief Model adalah aturan prinsip nilai harapan dalam hal ini karakter mengenai masalah yang berhubungan dengan kesehatan, maka prinsip inilah yang akan membentuk keinginan untuk mengjauhkan diri dari penderitaan atau suatu hal yang menjadikan sehat dan kepercayaan kepada sikap sehat yang dikerjakan akan menangkal/menurunkan rasa sakit. Model penelitian yang diperlukan pada penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yakni penelitian yang fokus kepada pengamatan yang mendalam yang bersifat analisis deskriptif menggunakan jenis library research (penelitian kepustakaan). Oleh karena itu, sumber data pada tahap penelitian ini bermula dari referensi-referensi bahasa yang mempunyai hubungan dengan topik yang dikaji. Terdapat tiga rumusan masalah pada penelitian ini yakni bagaimana pemaknaan hadis tentang puasa senin kamis berdasarkan hadis riwayat sunan al-tirmidhi nomor indeks 747, bagaimana kualitas dan kehujjahan hadis riwayat sunan al-tirmidhi nomor indeks 747, dan bagaimana pengaruh puasa senin kamis bagi kesehatan manusia. Penelitian ini mempunyai tiga tujuan diantaranya menemukan kepastian mengenai kualitas dan kehujjahan hadis, melakukan deskripsi atas pemahaman hadis dan memberikan analisis terkait hadis yang sedang diteliti. Kesimpulan yang di dapat dari penelitian ini berdasarkan hadis riwayat sunan al-tirmidhi nomor Indeks 747 teridentifikasi sebagai hadis s}ahi>h li ghairihi bisa diangkat menjadi pedoman dan bisa diterapkan pada kehidupan. Hadis tentang pengaruh puasa senin kamis bagi kesehatan ini memiliki dua kandungan pokok yakni: pertama, dampak mental, seperti penyembuhan sifat egois, penyembuhan sifat amarah dan menahan emosi, dan penyembuhan problematika bebas bagi pemuda. Kedua, dampak jasmani, seperti penyembuhan radang lambung, penyembuhan kegemukan/obesitas dan penyembuhan penyakit gula/diabetes.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachmawati, Devi Ayudeviayurachma@gmail.comE05219006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaruq, Umar-2005076201
Subjects: Puasa
Hadis
Keywords: Puasa Senin Kamis; Sunan al-Tirmidhi; health belief model
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Devi Ayu Rachmawati
Date Deposited: 13 Apr 2023 02:53
Last Modified: 13 Apr 2023 02:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61510

Actions (login required)

View Item View Item