Identifikasi kanker payudara berdasarkan analisis tekstur Glrlm Citra Ultrasound menggunakan Metode Kelm

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadanti, Alvin Nuralif (2023) Identifikasi kanker payudara berdasarkan analisis tekstur Glrlm Citra Ultrasound menggunakan Metode Kelm. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alvin Nuralif Ramadanti_H72219021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang disebabkan karena adanya tumor ganas yang asalnya dari kelenjar dan lapisan pendukung kulit payudara. Apabila sel kanker tersebut terus dibiarkan dalam angka waktu yang lama, maka bisa berakibat pada kematian. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini yakni mengidentifikasikan kanker payudara dengan menggunakan (GLRLM) Gray Level Run Length Matrix dan juga (KELM) Kernel Extreme Learning Machine. Data yang digunakan pada penelitian ini yakni data citra ultrasound yang terdiri dari 3 kelas yaitu normal, benign, dan malignant. Jumlah data kelas normal sebanyak 133 data, benign sebanyak 253 data, dan malignant sebanyak 210 data. Tahapan pada penelitian ini dimulai dengan menginputkan data, kemudian preprocessing dengan menyamakan citra ke dalam bentuk grayscale. Selanjutnya, melakukan ekstraksi fitur dengan menggunakan GLRLM yang terdiri dari 11 fitur. Hasil dari ekstraksi fitur menunjukkan bahwa kelas benign, malignant, dan normal saling beririsan di semua fitur. Setelah dilakukan ekstraksi fitur, maka langkah selanjutnya yakni melakukan klasifikasi dengan menggunakan metode KELM dengan pembagian data k = 10. Penelitian ini dilakukan uji coba terhadap fungsi kernel, koefisien regulasi dan juga sudut. Langkah selanjutnya yakni melakukan evaluasi model dengan menggunakan confusion matrix. Hasil terbaik yang diperoleh yakni dengan melakukan uji coba pada fungsi kernel RBF di sudut 0◦ dengan nilai koefisien regulasi atau c = 1000. Hasil akurasi, spesifisitas, dan sensitivitas secara berturut-turut yakni 83.05%, 91.58%, 82.21%

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadanti, Alvin Nuralifnuralifalvin@gmail.comH72219021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNovitasari, Dian Candra Rinidiancrini@uinsby.ac.id2024118502
Thesis advisorLutfi, Hakimlutfihakimbungah@gmail.com197312252006041001
Subjects: Komputer
Matematika
Keywords: GLRLM; Grayscale; Kanker Payudara; KELM; K-Fold Cross Validation
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Alvin Nuralif Ramadanti
Date Deposited: 06 Apr 2023 01:30
Last Modified: 06 Apr 2023 01:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61519

Actions (login required)

View Item View Item