Klasifikasi kanker paru berdasarkan citra histopatologi dengan menggunakan metode CNN model GoogLeNet

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadilah, Siti Nur (2023) Klasifikasi kanker paru berdasarkan citra histopatologi dengan menggunakan metode CNN model GoogLeNet. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Nur Fadilah_H92219061 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kanker paru merupakan jenis kanker dengan jumlah kasus kematian tertinggi pertama di dunia. Kanker paru sendiri memiliki beberapa kelas yakni diantaranya lung adenocarcinoma, benign lung tissue, dan lung squamous cell carcinoma. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu mengklasifikasikan citra histopatologi kanker paru kedalam masing-masing kelas. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengklasifikan citra histopatologi kanker paru yaitu dengan menggunakan bantuan sistem Computer Aided Diagnosis (CAD) yang mana system ini juga telah banyak digunakan dalam bidang kedokteran. Convolutional Neural Network (CNN) merupakan salah satu jenis sistem CAD yang dapat digunakan untuk membantu dalam mengklasifikasikan kanker paru. CNN sendiri memiliki beberapa model arsitektur seperti GoogLeNet yang merupakan model arsitektur CNN terbaik pada ILSVRC pada tahun 2015. Pada penelitian ini metode CNN model GoogLeNet digunakan untuk membentuk sistem klasifikasi kanker paru yang memperoleh model optimal dengan persentase akurasi, sensitivitas, serta spesifisitas sebesar 99.93%, 99.93%, dan 99.97% yang membutuhkan waktu selama 190 menit 20 detik pada pembagian data 90:10 dengan nilai probabilitas dropout 0.7 serta batchszie sebesar 64.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadilah, Siti Nursitinurfadilah576@gmail.comH92219061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNovitasari, Dian Candra Rinidiancrini@uinsby.ac.id2024118502
Thesis advisorHakim, Lutfilutfihakimbungah@gmail.com--
Subjects: Matematika
Keywords: GoogleNet; CNN; Deep Learning; Kanker Paru
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Siti Nur Fadilah
Date Deposited: 28 Nov 2023 01:05
Last Modified: 28 Nov 2023 01:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61522

Actions (login required)

View Item View Item