Studi netlytic : analisis jaringan komunikasi pada dakwah moderasi beragama di ruang digital

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizky, Fasha Umh (2022) Studi netlytic : analisis jaringan komunikasi pada dakwah moderasi beragama di ruang digital. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fasha Umh Rizky_02040720010.pdf

Download (6MB)

Abstract

Masyarakat kini banyak berinteraksi di ruang digital seperti di Twitter. Interaksi yang terjadi dalam membicarakan suatu topik melalui tweet, retweet, reply, dan mention yang dilakukan pengguna twitter, dapat membentuk jaringan sosial. Tidak hanya berkaitan dengan topik-topik umum, melainkan juga berkaitan dengan bidang keagamaan seperti moderasi beragama. Penelitian ini bertujuan menjelaskan struktur jaringan komunikasi pengguna twitter Indonesia mengenai moderasi beragama dan mengeksplorasi wacana topik moderasi beragama yang diperbincangkan pengguna media sosial twitter di Indonesia khususnya yang terjadi pada tahun 2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mix-method, yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode social network analysis untuk menganalisis struktur jaringan komunikasi yang terbentuk dan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode critical discourse analysis untuk menganalisis wacana terkait topik moderasi beragama yang diperbincangkan pengguna media sosial twitter di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan trending Moderasi Beragama, paling banyak disebabkan adanya pernyataan tokoh-tokoh penting (Presiden RI, Menteri BUMN, dan Staf Khusus Menteri Agama) yang dikutip dalam tweet beberapa pengguna twitter dan di retweet oleh pengguna twitter lainnya. Para tokoh memberikan pernyataan dalam acara yang terjadi secara offline yaitu: peresmian Masjid At-Thohir, Audiensi Presiden dengan kelompok Cipayung Plus, dan Seminar Nasional Moderasi Beragama dan Tahun Toleransi. Namun juga ada beberapa tweet dengan isi teks terkait agama tetapi tidak berhubungan dengan acara-acara itu, yang menggunakan hastag #ModerasiBeragama. Temuan lain yaitu aktor penting-populer dalam struktur jaringan komunikasi yang terbentuk, bukan aktor yang aktif membuat tweet. Namun tokoh-tokoh yang menyampaikan pesan dalam kegiatan yang offline, yang pesannya dikutip pengguna twitter di Indonesia, dan akunnya di-mention dalam tweet yang mereka buat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizky, Fasha Umhrizkysha12@gmail.com02040720010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyam, Nurnursyam@uinsby.ac.id2007055801
Thesis advisorArif, Moch. Choirulchoirul.arief@uinsby.ac.id2017107102
Subjects: Komunikasi Islam
Keywords: Netlytic; analisis jaringan komunikasi; moderasi beragama
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Fasha Umh Rizky
Date Deposited: 06 Apr 2023 02:57
Last Modified: 06 Apr 2023 02:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61530

Actions (login required)

View Item View Item