Model penyelesaian pembiayaan bermasalah dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi covid-19 di KSPPS BMT Amanah Ummah Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawan, Amin (2022) Model penyelesaian pembiayaan bermasalah dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi covid-19 di KSPPS BMT Amanah Ummah Jawa Timur. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amin Kurniawan_02040320005.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pasca pandemi Covid-19 masih banyak tugas yang harus diselesaikan, terutama pembiayaan bermasalah anggota BMT yang mayoritas UMKM. UMKM yang terdampak pandemi Covid-19 sebanyak 87,5 persen dan berakibat 63,9 persen mengalami penurunan omzet lebih dari 30 persen. Sehingga berdampak meningkatnya pembiayaan bermasalah dan ketidakstabilan keuangan BMT. Untuk itu dibutuhkan model penyelesaian pembiayaan bermasalah untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yang bertujuan mendeskripsikan model penyelesaian pembiayaan bermasalah yang diterapkan KSPPS BMT Amanah Ummah Jawa Timur di masa pasca pandemi Covid-19. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan Ketua Dewan Pengawas Usaha, General Manager, Manager Cabang, karyawan, dan anggota BMT. Selain itu observasi dan dokumentasi dilakukan langsung di lapangan. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teori pembiayaan bermasalah, restrukturisasi, dan pemulihan ekonomi, kemudian diambil kesimpulan. Penelitian menemukan bahwa model penyelesaian pembiayaan bermasalah pasca pandemi Covid-19 sangat dibutuhkan dikarenakan menurunnya ekonomi usaha, jumlah simpanan, jumlah pembiayaan, dan rasio keuangan BMT yang mengakibatkan pembiayaan bermasalah. Oleh sebab itu, KSPPS BMT Amanah Ummah Jawa Timur menerapkan beberapa model penyelesaian pembiayaan bermasalah, yaitu restrukturisasi (rescheduling dan reconditioning), kolaborasi, inkubasi, mentoring dan monitoring. Berdasarkan analisis prinsip-prinsip, pendekatan dan alat ukur pemulihan ekonomi nasional, menunjukkan bahwa model penyelesaian pembiayaan bermasalah yang diterapkan KSPPS BMT Amanah Ummah Jawa Timur mampu mendorong pemulihan ekonomi nasional pasca pendemi Covid-19.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawan, Aminaminkurniawanku17@gmail.com02040320005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMugiyati, Mugiyatimugiyati@uinsby.ac.id2026027101
Thesis advisorHakim, Abdulabdul.hakim@uinsby.ac.id2004087004
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Model penyelesaian; pembiayaan bermasalah; pemulihan ekonomi Nasional; Pandemi Covid-19
Divisions: Program Magister > Ekonomi Islam
Depositing User: Amin Kurniawan
Date Deposited: 06 Apr 2023 02:54
Last Modified: 06 Apr 2023 02:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61531

Actions (login required)

View Item View Item