Peran UNICEF dalam penghapusan keterlibatan tentara anak di Konflik Yaman pada tahun 2015-2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Siswanto, Garry Dimas (2023) Peran UNICEF dalam penghapusan keterlibatan tentara anak di Konflik Yaman pada tahun 2015-2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Garry Dimas Siswanto_I02218012 OK.pdf

Download (845kB)

Abstract

Latar masalah konflik ini adalah bermula dari kejadian Arab Spring pada tahun 2011 yang menyebabkan konflik berkepanjangan merambat negara-negara timur tengah lainnya khususnya Yaman. Analisis yang dilakukan oleh peneliti melalui analisis data yang berkesinambungan, diawali dengan kondensasi data, kemudian penyajian data dan terkhir penarikan kesimpulan. Dalam penulisan penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah jenis kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini melalui data sekunder dengan Teknik dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa UNICEF memperhatikan masa depan anak-anak di seluruh dunia. Dalam penelitian ini, UNICEF membuat dan menjalankan program-program untuk penyelesaian masalah tentara anak di Yaman dengan bantuan pihak-pihak terkait pemerintah Yaman untuk melindungi anak-anak agar tidak menjadi tentara perang. Dalam penelitian ini, ditemukan 3 peran UNICEF dalam menghapuskan keterlibatan tentara anak di konflik Yaman pada Tahun 2015-2018. Yang pertama melalui program self-learning programme, UNICEF melakukan pendampingan pendidikan bagi anak-anak sehingga diharapkan anak-anak tidak terlibat dalam perang. Yang kedua melalui program parthnership in nutrition section, UNICEF melakukan penanganan permasalahan kesehatan di Yaman sehingga anak-anak diharapkan tidak takut untuk kekurangan ekonomi untuk berobat. Yang ketiga melalui program the social welfare fund’s, UNICEF membuat rumah koperasi investasi diharapkan untuk mempermudah masyarakat Yaman dalam memenuhi kebutuhan kesehariannya sehingga mereka tidak berminat lagi untuk mempekerjakan anak sebagai tantara karena sudah di penuhi kebutuhannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Siswanto, Garry Dimasgarrydimassiswanto@gmail.comI02218012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZaky, Ismailzakyismail@uinsby.ac.id2030128201
Subjects: Hubungan Internasional
Keywords: Peran UNICEF Pada Tentara Anak
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Garry Dimas Siswanto
Date Deposited: 06 Oct 2023 08:25
Last Modified: 06 Oct 2023 08:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61552

Actions (login required)

View Item View Item