Internalisasi nilai-nilai karakter bangsa melalui pendidikan agama Islam di SMK Wahid Hasyim Glagah Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amin, Nasikhul (2023) Internalisasi nilai-nilai karakter bangsa melalui pendidikan agama Islam di SMK Wahid Hasyim Glagah Lamongan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nasikhul Amin_02040820053.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dekadensi moral merupakan fenomena yang sudah tidak asing lagi terjadi di Negara Indonesia terlebih lagi yang menyangkut remaja. Mulai dari tawuran antar pelajar, perampokan, penyerangan, bullying, mabuk-mabukan, contekan massal, seks bebas, prostitusi, aborsi, hingga kebrutalan geng motor dan masih banyak lagi. Melihat hal ini, semua pihak baik pemerintah, orang tua, masyarakat, guru-guru hingga pemangku kepentingan mempunyai kewajiban besar dalam mengatasi permasalahan ini. SMK Wahid Hasyim adalah lembaga pendidikan yang di dalamnya mengajarkan ilmu pengetahuan dan keterampilan dengan peserta didiknya penganut kepercayaan yang berbeda bahkan ada juga yang menganut agama non Islam. SMK Wahid Hasyim adalah lembaga pendidikan di bawah yayasan Islam, namun dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam mempunyai kebiasaan-kebiasaan yang belum ada di Pendidikan Agama Islam sekolah Islam lainnya. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana expresi kebijakan dalam proses pembentukan nilai-nilai karakter bangsa melalui pendidikan agama islam di Smk Wahid Hasyim Glagah Lamongan. (2) Bagaimana implementasi nilai-nilai karakter bangsa dalam proses pendidikan agama islam di Smk Wahid Hasyim Glagah Lamongan. (3) Bagaimana proses internalisasi nilai-nilai karakter bangsa melalui pendidikan agama islam dalam kehidupan sehari-hari Smk Wahid Hasyim Glagah Lamongan.n.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amin, Nasikhulahmadbendol007@gmail.com02040820053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorrubaidi, rubaidirubaidi@uinsby.ac.id2010067101
Thesis advisormaliki, amiramir.abitolkha@gmail.com2008117102
Subjects: Pendidikan Islam
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Internalisasi; nilai-nilai karakter kebangsaan; pembelajaran PAI
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: nasikhul amin
Date Deposited: 12 Apr 2023 01:45
Last Modified: 12 Apr 2023 01:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61557

Actions (login required)

View Item View Item