الصراع الاجتماعي في رواية "عصفور من الشرق" لتوفيق الحكيم

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prameswari, Agoestin Dwi (2023) الصراع الاجتماعي في رواية "عصفور من الشرق" لتوفيق الحكيم. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Agoestin Dwi Prameswari_A01219003.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis konflik sosial yang terdapat pada Novel “Ushfur Min Al-Sharq” karya Taufiq Al-Hakim. Novel ini menceritakan Seorang pemuda dari Timur Tengah yang belajar di Prancis, yang tinggal ditengah keluarga sederhana, yang sedang khawatir akibat penurunan nilai mata uang Prancis. Ditengah kekhawatiran tersebut Muhsin menemukan kenyataan cinta yang pahit dari perempuan Barat. Taufiq Al-Hakim mengungkapkan wujud konflik yang terjadi dalam novel Ushfur min Al-Sharq.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer berupa novel “Ushfur Min Al-Sharq” dan sumber data pendukung berupa Kamus, Buku-buku sastra, Jurnal-jurnal, dan penelitian terdahulu. Adapun teori yang digunakan peneliti adalah teori Konflik perspektif Lewis Coser, dengan rincian data yang menunjukan konflik realistis dan non-realistis. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apa bentuk Konflik Sosial dalam novel “Ushfur Min Al-Sharq” karya Taufiq Al-Hakim, (2) Apa faktor penyebab terjadinya konflik sosial dalam novel “Ushfur min Al-Sharq” karya Taufiq Al-Hakim. Peneliti ini menemukan hasil analisis dari penelitian ini yaitu 13 bentuk konflik realistis, dan 1 bentuk konflik non-realistis. Adapun penyebab konflik yang peneliti temukan dalah penelitian ini adalah 8 penyebab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prameswari, Agoestin Dwiagoestindwp@gmail.comA01219003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRomdlon, Atiq Mohammadatiqramadhan@yahoo.com2021126701
Thesis advisorSodikin, Sodikinsodikinalwi@uinsby.ac.id0028117206
Subjects: Konflik sosial
Keywords: Taufiq Al-Hakim; Konflik Sosial; Lewis Coser; Novel
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Agoestin Dwi Prameswari
Date Deposited: 12 Apr 2023 03:36
Last Modified: 12 Apr 2023 03:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61571

Actions (login required)

View Item View Item