Urgensi Istighosah pada Spiritualitas Salik Tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Rejoso Peterongan Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fachrani, Zairinah (2023) Urgensi Istighosah pada Spiritualitas Salik Tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Rejoso Peterongan Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zairinah Fachrani E07219036.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang urgensi istighosah dengan dampak yang dirasakan salik tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah yang dapat meningkatkan spiritualitas. Ketika menghadapi kondisi yang mengecam tidak akan terburu-buru, tidak mudah panik dalam bertindak. Karena yakin Allah bersama hamba-Nya dengan istighosah hati akan merasa jadi tenang. Penelitian skripsi ini merupakan penelitian kualitatif untuk menjawab rumusan masalah, pertama bagaimana urgensi amalan istighosah bagi ketenangan Jiwa. Kedua bagaimana dampak amalan istighosah terhadap pengembangan spiritualitas salik tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Rejoso Peterongan Jombang. Dalam penelitian skripsi ini peneliti menggunakan metodologi penelitian deskriptif kualitatif dan didasarkan pada penelitian kepustakaan yang bertujuan untuk memperkuat argumentasi peneliti dengan literatur-literatur yang telah ada sebelumnya yaitu seperti buku, jurnal, skripsi dan bahan-bahan yang relevan. Dari hasil penelitian ini peneliti dapat menyimpulkan bahwa manusia hanya dapat bergantung kepada Allah, dimana makhluk hidup semua berasal dari masalah. Dengan amalan istighosah dapat merasakan banyak dampak yang dirasakan yaitu dengan meningkatnya spiritualitas, merasakan ketenangan jiwa, merasa lebih dekat dengan Allah dan merasa semua hajat dikabulkan. Karena pada dasarnya istighosah memiliki makna minta pertolongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fachrani, Zairinahzairinahfachrani@gmail.comE07219036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuktafi, Muktafimuktafisahal2@gmail.com2013086001
Subjects: Doa dan Zikir
Tasawuf
Keywords: Istighosah; Spiritualitas; Tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Zairinah Fachrani
Date Deposited: 12 Apr 2023 03:04
Last Modified: 12 Apr 2023 03:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61572

Actions (login required)

View Item View Item