تحليل الأخطاء في أداء التنغيم لدى الطلاب المستوى السابع من قسم تعليم اللغة العربية الجامعة الإسلامية التنوير بوجونغارا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nashihah, Halimatun (2023) تحليل الأخطاء في أداء التنغيم لدى الطلاب المستوى السابع من قسم تعليم اللغة العربية الجامعة الإسلامية التنوير بوجونغارا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Halimatun Nashihah_A01219016.pdf

Download (5MB)

Abstract

STAI Attanwir Bojonegoro merupakan perguruan tinggi swasta yang berada di naungan pondok pesantren Attanwir, yang mana juga menaungi beberapa lembaga pendidikan mulai PAUD sampai dengan perguruan tinggi. STAI Attanwir Bojonegoro menggunakan kurikulum kolaboratif dan menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggris sebagai komunikasi sehari-hari. Oleh karena itu dalam berkomunikasi, Intonasi sangatlah penting. Intonasi ialah istilah untuk tinggi rendahnya suara dalam berbicara atau ucapan. Ucapan memiliki nada dan melodi yang berbeda sesuai dengan pola struktur dan situasi, dan perbedaan ini membantu untuk memahami makna yang dimaksud. Akan tetapi masih banyak didapatkan kesalahan-kesalahan yang dialami mahasiswa dalam penggunaan intonasi dalam berkomunikasi. Kemudian peneliti mempunya dua rumusan masalah sebaga berikut: Apa saja jenis-jenis kesalahan dalam penggunaan intonasi pada mahasiswa semester tujuh PBA STAI Attanwir Bojonegoro? Dan apa saja sebab-sebab kesalahan dalam penggunaan intonasi pada mahasiswa semester tujuh PBA STAI Attanwir Bojonegoro? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, karena data yang tesedia bukan berbentuk model yang bermacam-macam dan kuantitatif, melainkan dalam bentuk informasi data yang sangat rinci. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui observasi, metode pengujian, dan metode dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada tiga jenis kesalahan; 1) pola /231/ pada kalimat Taqririyah atau Ikhbariyah ada 36 kesalahan dan pada kalimat istifham yang jawabannya bukan iya atau tidak ada 15 kesalahan, 2) pola /233/ pada kalimat istifham yang jawabannya iya atau tidak ada 28 kesalahan, 3) pola /244/ pada kalimat Ta’ajjubiyah ada 70 kesalahan. Sebab-sebab kesalahan intonasi pada mahasiswa STAI Attanwir dikarenakan dua sebab, yatu kurangnya praktek atau pembiasaan tehadap kaidah yang sudah diketahui dan karena ketidaktahuan tehadap kaidah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nashihah, Halimatunnashihah01@gmail.comA01219016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZaidun, Achmadachmadzaidun@uinsby.ac.id2009065801
Subjects: Sastra
Linguistik
Keywords: Analisis kesalahan; penggunaan intonasi; ilmu ashwat
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Halimatun Nashihah
Date Deposited: 14 Apr 2023 02:58
Last Modified: 14 Apr 2023 02:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61583

Actions (login required)

View Item View Item