Peran kepemimpinan transformasional kepala madrasah dalam menurunkan stres kerja dan Turnover Intention di Era Society 5.0: studi Kasus di MAN 1 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lusiana, Fira Agustin (2023) Peran kepemimpinan transformasional kepala madrasah dalam menurunkan stres kerja dan Turnover Intention di Era Society 5.0: studi Kasus di MAN 1 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fira Agustin Lusiana_D93219075 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kepemimpinan transformasional merupakan pemimpin yang meninjau pada perubahan dengan memberikan apresiasi dan motivasi pada bawahannya untuk mencapai visi misi yang telah ditetapkan. Adapun fokus penelitian yang peneliti kembangkan sebagai berikut: 1) Bagaimana peran kepemimpinan transformasional kepala madrasah dalam menurunkan stres kerja dan turnover intention di era society 5.0? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat peran kepemimpinan transformasional kepala madrasah dalam menurunkan stres kerja dan turnover intention di era society 5.0? Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran kepemimpinan transformasional kepala madrasah dalam menurunkan stres kerja dan turnover intention di era society 5.0, menganalisis dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat peran kepemimpinan transformasional kepala madrasah dalam menurunkan stres kerja dan turnover intention di era society 5.0. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dan berjenis studi kasus di MAN 1 Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis pengumpulan data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah Beberapa tenaga kependidikan dan tenaga pendidik.Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Peran kepemimpinan transformasional kepala madrasah dalam menurunkan stres kerja dan turnover intention di era society 5.0 dilaksanakan dengan memberikan pengaruh, motivasi, dan bimbingan, serta mengembangkan inovasi, 2) Faktor yang dapat mendukung peran kepemimpinan transformasional kepala madrasah dalam menurunkan stres kerja dan turnover intention di era society 5.0, yaitu dari segi latar belakang pendidikan kepala madrasah yang memadai, kemudian kepribadian kepala madrasah yang ramah dan rendah hati, interaksi yang baik antara pemimpin dengan komponen madrasah, fasilitas yang memadai, dan para pegawai mengerjakan pekerjaan sesuai dengan komptensi keahlian. Faktor penghambat peran kepemimpinan transformasional kepala madrasah dalam menurunkan stres kerja dan turnover intention di era society 5.0, yaitu kesibukan kepala madrasah di luar madrasah, website yang terkadang kurang memenuhi saat dibutuhkan, dan sebagian komponen madrasah mengalami kesulitan terhadap inovasi-inovasi yang dikembangkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lusiana, Fira Agustinfiraaguestin@gmail.comD93219075
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, Muhammadmuhammadthohir@uinsby.ac.id2025077402
Thesis advisorBachtiyar, Machfudbachtiyar.mahfud@gmail.com2009047701
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan Islam
Sumber Daya Manusia
Keywords: Kepemimpinan Transformasional; Stres kerja; Turnover Intention.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fira Agustin Lusiana
Date Deposited: 13 Apr 2023 02:49
Last Modified: 13 Apr 2023 02:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61598

Actions (login required)

View Item View Item