Upaya pembebasan keluarga miskin dari jerat hutang rentenir di Dusun Sinawung Desa Karangbener Kecamatan Bae Kabupaten Kudus

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nafisah, Husnun (2022) Upaya pembebasan keluarga miskin dari jerat hutang rentenir di Dusun Sinawung Desa Karangbener Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Husnun Nafisah_B72218067.rar

Download (13MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang upaya pembebasan keluarga miskin dari jerat hutang rentenir. Bermula dari angka pengangguran di Dusun Sinawung yang cukup tinggi, disebabkan oleh susahnya mendapat pekerjaan karena tidak adanya keterampilan yang dimiliki keluarga miskin. Pendapatan yang tidak selaras dengan pengeluaran membuat mereka memenuhi kebutuhan hidup dengan mengambil jalan pintas berhutang kepada rentenir. Padahal keluarga miskin bisa menciptakan lapangan kerja sendiri, dengan cara mengolah asset yang tersedia seperti tanaman kersen. Pendekatan penelitian menggunakan PAR (Participatory Action Research) dimana masyarakat diajak untuk berpartisipasi sebagai subyek, dan obyeknya adalah problem yang sedang dihadapi masyarakat. Proses pendampingan dimulai dari assessment awal, inkulturasi, proses penggalian data, menyimpulkan hasil riset, merencanakan aksi perubahan, pelaksanaan program, mempersiapkan keberlajutan program, serta monitoring dan evaluasi. Hasil dari pendampingan ini adalah adanya keterampilan yang dimiliki keluarga miskin, yakni mengolah tanaman kersen menjadi sirup dan keripik. Melalui proses pendidikan peningkatan keterampilan, pembentukan KUBE, serta adanya advokasi kepada pemerintah desa. Dengan demikian tercipta kemandirian ekonomi keluarga miskin sehingga keluarga miskin dapat terbebas dari jerat hutang rentenir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nafisah, Husnunhusnunnaf@gmail.comB72218067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThayib, Thayibsyarifthayib@gmail.com2016117001
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Masalah sosial
Pemberdayaan
Keywords: Keluarga miskin; rentenir; tanaman kersen.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Husnun Nafisah
Date Deposited: 14 Apr 2023 03:04
Last Modified: 14 Apr 2023 03:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61602

Actions (login required)

View Item View Item