Bentuk dan referensi makian pada novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari: kajian sosiolinguistik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alaminah, Manzilatur Rokhmatul (2023) Bentuk dan referensi makian pada novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari: kajian sosiolinguistik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Manzilatur Rokhmatul Alaminah_A04219008.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata makian tidak hanya terjadi dalam dunia nyata, namun juga terjadi dalam dunia novel. Seperti halnya terjadi dalam novel Ronggeng Dukuh Paruk, banyak ditemukan dialog yang menggunakan kata-kata makian. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan dan mengklasifikasikan dalam kategori (1) bentuk kata makian, (2) referensi kata makian. Metode dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Langkah yang ditempuh dalam penelitian ini yaitu membaca secara berulang-ulang, mengategorikan, mengoding, dan menganalisis data. Dari langkah-langkah tersebut diperoleh hasil dalam penelitian berupa bentuk kata makian dan referensi makian yang mengacu pada teori makian I Dewa Putu Wijana. Bentuk makian yang ditemukan ada tiga kategori yaitu bentuk dasar, bentuk frasa, dan bentuk klausa. Dari tiga bentuk tersebut diperoleh 21 bentuk kata, 8 bentuk frasa, dan 15 bentuk klausa. Sedangkan referensi makian dalam penelitian ini ditemukan ada 7 macam yang terdiri dari keadaan, binatang, makhluk halus, bagian tubuh, kekerabatan, aktivitas dan profesi. Dari 7 macam referensi makian tersebut diperoleh data 11 keadaan, 6 binatang, 1 makhluk halus, 3 bagian tubuh, 3 kekerabatan, 1 aktivitas dan 4 profesi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alaminah, Manzilatur Rokhmatulmanzilaturrokhma@gmail.comA04219008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbdullah, Asep Abbasasepabdullah@uinsby.ac.id2029076301
Subjects: Bahasa Indonesia
Keywords: Makian; sosiolinguistik; novel
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: MANZILATUR ROKHMATUL ALAMINAH
Date Deposited: 13 Apr 2023 05:26
Last Modified: 13 Apr 2023 06:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61608

Actions (login required)

View Item View Item