Model kepemimpinan kepala sekolah perempuan dalam meningkatkan kinerja guru di SD Muhammadiyah 3 Ikrom Wage Sidaorjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muliyawan, Mufidah Insyirah (2023) Model kepemimpinan kepala sekolah perempuan dalam meningkatkan kinerja guru di SD Muhammadiyah 3 Ikrom Wage Sidaorjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mufidah Insyirah Muliyawan_D73219054.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh model kepemimpinan kepala sekolah, gaya atau cara kepala sekolah dalam kepemimpianan nya sangat menentukan akan keberhasilan peningkatan kinerja guru. Seorang kepala sekolah juga memiliki strategi tersendiri untuk mencapai tujuan meningkatkan kinerja guru secara efektif dan efisien serta agar mudah dilakukan oleh setiap guru dan karyawannya. Kepemimpinan kepala sekolah juga diperlukan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan yang dimana pemimpin harus menciptakan lingkungan pada sumber daya manusia agar dapat dibina dan dikembangkan dalam suatu lembaga organisasi dan tumbuh bersama dengan berbagai pengetahuan yang telah dipelajari bersama.. Kinerja guru merupakan kemampuan seorang guru dalam melaksanakan tugas belajar dan tanggung jawab terhadap para siswa yang dibimbingnya dengan meningkatkan prestasi belajar para siswa.d Fokus penelitian yang akan peneliti kembangkan dalam penelitian ini adalah 1) Model kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SD Muhammadiyah 3 Ikrom Wage Sidoarjo, 2) Strategi meningkatkan kinerja guru di SD Muhammadiyah 3 Ikrom Wage Sidoarjo, 3) Faktor Penghambat dan pendukung dalam menerapkan strategi kinerja guru di SD Muhammadiyah 3 Ikrom Wage Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan di skripsi ini adalah pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Objek penelitian ini adalah model kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SD Muhammadiyah 3 Ikrom Wage Sidoarjo. Teori model kepemimpinan ini menggunakan teori Robbins and Coulter dan menggunakan teori Mangkunegara untuk kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan ialah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian adalah model kepemimpinan kepala sekolah perempuan dalam meningkatkan kinerja guru di SD Muhammadiyah 3 Ikrom Wage Sidoarjo merupakan pemimpin yang memiliki model kepemimpinan demokratis yang segala sesuatu keputusannya pasti diputuskan secara msuayawarah mufakat atau bersama dengan adanya dorongan dari strategi peningkatan kinerja guru yang memberikan hasil yang maximal kepada guru dan berdampak baik juga terhadap peserta didik terhadap prestasi yang didapatnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muliyawan, Mufidah Insyirahfidainsyirah@gmail.comD73219054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis08@gmail.com2011036701
Thesis advisorRifa'i, Muh Khoirulrifai@uinsby.ac.id2012078201
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Model kepemimpinan kepala sekolah; Kinerja guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S.Pd Mufidah Insyirah Muliyawan
Date Deposited: 14 Apr 2023 10:07
Last Modified: 14 Apr 2023 10:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61613

Actions (login required)

View Item View Item