Kontra paham takfiri dalam portal keIslaman NU: perspektif semiotika Charles Sanders Peirce

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wati, Dian Annisa Rizkyah (2023) Kontra paham takfiri dalam portal keIslaman NU: perspektif semiotika Charles Sanders Peirce. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dian Annisa Rizkyah Wati_E01219008 Ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dari riset ini yaitu masih berkembangnya paham takfiri di Indonesia. Terbukti masih adanya kerusuhan yang dilakukan kelompok takfiri. Paham dan gerakan takfiri berawal dari pemahaman khawarij serta wahabi. Sehingga menjadikan seseorang radikal. Dampak negatif yang timbul di antaranya; mempengaruhi kedamaian umat beragama, penyerapan nilai-nilai ajaran agama, menimbulkan pergesekan, konflik, dan kekerasan antara sesama umat Islam. Sehingga perlu langkah kontra terhadap paham takfiri. Salah satunya dilakukan oleh ormas Nahdlatul Ulama yang menganut aliran Aswaja dengan ciri khasnya yaitu Islam moderat. Oleh karena itu, dilakukan penelitian pada portal keIslaman NU (NU Online) merupakan media resmi yang dimiliki oleh PBNU. Berdasarkan masalah di atas timbul pertanyaan, bagaimana kontra paham takfiri di portal keIslaman NU ? dan bagaimana analisis semiotika Charles Sanders Peirce atas kontra paham takfiri di portal keIslaman NU ? Dalam riset menerapkan metode kualitatif serta library research. Premis diaplikasikan pada riset ini adalah analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Dengan menerapkan triadik (trilogi) utama meliputi; representamen atau sign (tanda), object (objek), dan interpretant. Temuan dalam riset ini yaitu bahwa artikel kontra takfiri dalam portal keIslaman NU berfokus dan menjunjung tinggi ajaran Islam yang moderat. Serta NU berusaha mengintruksi dan mengajak masyarakat muslim untuk senantiasa berpikir dan bersikap moderat agar tidak mudah terpengaruh paham keagamaan yang keras, dan radikal seperti halnya takfiri. NU adalah organisasi kemasyarakatan yang menyandang sifat damai, toleran, moderat, dan berjiwa nasionalisme.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wati, Dian Annisa Rizkyahannisad617@gmail.comE01219008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYazid, Syaifullohkenzie102013@gmail.com20207906
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Ahlusunnah Waljama'ah
Filsafat
Keywords: Kontra Takfiri; Islam Moderat; Nahdlatul Ulama; Analisis Semiotika.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Dian Wati
Date Deposited: 17 Apr 2023 04:25
Last Modified: 17 Apr 2023 04:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61623

Actions (login required)

View Item View Item