Perilaku konsumsi anggota dalam menggunakan produk Rahn di KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Karangcangkring Jawa Timur Cabang Blawi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ardiyansyah, Abdussalam (2022) Perilaku konsumsi anggota dalam menggunakan produk Rahn di KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Karangcangkring Jawa Timur Cabang Blawi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdussalam Ardiyansyah_G94218148.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian kulitatif terkait perilaku konsumsi anggota dalam menggnakan produk rahn dan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumsi anggota dalam menggunakan produk rahn di KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Cabang Blawi. Pengumpulan data untuk penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan perekaman dengan menggunakan teknik pengumpulan data. Yang kemudian dari data tersebut dianalisa menggunakan metode deskriptif yaitu mengganalisis data yang diambil lewat wawancara serta dokumentasi dan terdapat kaitanya dengan unsur-unsur kesamaan untuk didapatkanya kesimpulan secara khusus. Pendekatan deskriptif digunakan untuk menggambarkan perilaku konsumsi dan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumsi anggota dalam menggunakan produk rahn. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku konsumen masyarakat Blawi lebih puas memilih pembiayaan Rahn di KSPPS BMT Mandiri cabang Sejahtera Blawi bila menggunakan produk Rahn di KSPPS BMT Mandiri cabang Sejahtera Blawi karena lebih transparan, lebih mudah dan lebih Aman, penghindaran rentenir dan terjadinya perilaku konsumtif pembiayaan di KSPPS BMT Mandiri Cabang Sejahtera Blawi dipengaruhi oleh banyak faktor, antara lain: faktor agama, faktor pembelajaran, faktor pengetahuan, dan faktor keluarga. Dari hasil penelitian ini maka saran penulis untuk subjek penelitian yaitu KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Karangcangkring Jawa Timur Cabang Blawi dapat lebih meningkatkan sosialisasi dan pelayanan edukasi kepada masyarakat sekitar sehingga dapat meningkatkan pembiayaan dan tabungan anggota.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ardiyansyah, Abdussalamabdussalamardiyansyah05@gmail.comG94218148
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudha, Ana Toni Roby Candraanatoniroby@uinsby.ac.id2024018703
Subjects: Bank Islam
Bank Koperasi
Ekonomi Islam
Keywords: Perilaku Konsumsi; Rahn; BMT (Baitul Maal Wat Tamwil)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Abdussalam Ardiyansyah
Date Deposited: 17 Apr 2023 07:15
Last Modified: 17 Apr 2023 07:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61634

Actions (login required)

View Item View Item