تحليل الأخطاء النطقية في محادثة تلميذات الفصل الأول في معهد السلام بانجيلان طوبان

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amala, Choerica (2023) تحليل الأخطاء النطقية في محادثة تلميذات الفصل الأول في معهد السلام بانجيلان طوبان. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Choerica Amala_A01219010.pdf

Download (1MB)

Abstract

Analisis Kesalahan Pelafalan dalam Percakapan Siswa Kelas Satu di Pondok Pesantren ASSALAM Bangilan Tuban. Dalam mempelajari bahasa, kesalahan adalah suatu hal yang wajar. Kesalahan pelafalan adalah kesalahan yang terjadi pada bunyi-bunyi bahasa Arab yang meliputi pergantingan huruf, penambahan huruf, pembuangan huruf, dan lain sebagainya. Dengan adanya kesalahan tersebut dapat terjadinya hambatan dalam suatu pembelajaran. Begitupula dengan santri pondok pesantren ASSALAM Bangilan Tuban, khususnya santri putri kelas 1masih banyak yang keliru dalam kemampuan bahasanya, terutama dalam percakapan sehari-hari dan bacaan teks bahasa Arab. Misalnya, beberapa santri melafalkan kata ملعقة dengan lafal ملئقة. Mereka mengganti huruf dengan huruf yang lain pada saat berbicara. Pembahasan pada penelitian ini berfokus pada bentuk kesalahan pelafalan beserta sebab-sebabnya dalam percakapan sehari-hari menggunakan bahasa Arab siswa kelas 1 di pondok pesantren ASSALAM Bangilan Tuban. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan cara melakukan pengumpulan data pada saat siswa melakukan percakapan sehari-hari menggunakan bahasa Arab kemudian mengidentifikasikan kesalahan-kesalahan yang ada dalam percakapan tersebut. Dan untuk jenis penelitianya adalah analisis kesalahan (تحليل الأخطاء). Sesuai dengan tujuan penelitian dari fokus pembahasan, peneliti menyimpulkan bahwa kesalahan-kesalahan pelafalan dalam percakapan siswa kelas 1 di pondok pesantren ASSALAM Bangilan Tuban adalah a. Kesalahan penggatian huruf satu dengan huruf yang lain terdapat 32 kesalahan (huruf ع dengan ء ada 13 kesalahan, huruf ش dengan س ada 1 kesalahan, huruf ق dengan ك ada 2 kesalahan, huruf ص dengan س ada 1 kesalahan, huruf ط dengan ت ada 2 kesalahan, huruf ذ dengan د ada 1 kesalahan, huruf خ dengan ح ada 1 kesalahan), b. Memendekan suara yang panjang ada 13 kesalahan, c. Serta memanjangkan suara yang pendek ada 2 kesalahan. Terdapat 15 kesalahan yang disebabkan kurangnya praktek dan 20 kesalahan yang disebabkan kurangnya praktek dan terpengaruhnya bahasa ibu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amala, Choericachoericaamala@gmail.comA01219010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuntaha, Muntaha-2012075901
Thesis advisorEfendi, Nasikul Mustofaayah_azmee@yahoo.com132101811755
Subjects: Sastra
Linguistik
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Kesalahan pelafalan dalam percakapan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Choerica Amala
Date Deposited: 17 Apr 2023 07:13
Last Modified: 17 Apr 2023 07:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61640

Actions (login required)

View Item View Item