Pengorganisasian nelayan dalam mengurai belenggu tengkulak ikan di Desa Karangagung Kecamatan Palang Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abdalla, Aufa Ulil Abshar (2023) Pengorganisasian nelayan dalam mengurai belenggu tengkulak ikan di Desa Karangagung Kecamatan Palang Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aufa Ulil Abshar Abdalla_B02219005.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian skripsi ini menjelaskan tentang proses pengorganisasian kelompok nelayan di Desa Karangagung Kecamatan Palang Kabupaten Tuban dalam mengurai belenggu sistem tengkulak. Tengkulak sebagai capital holder telah melakukan kontrol terhadap seluruh kegiatan ekonomi nelayan, mulai pembiayaan usaha, distribusi produk, hingga penetapan harga barang. Kondisi tersebut berimplikasi pada pendapatan nelayan yang rendah. Gerakan counter kelompok nelayan untuk mengurai belenggu tengkulak yaitu dengan meningkatkan keterampilan dalam mengolah ikan, melakukan kampanye dan promosi produk olahan ikan kepada masyarakat sekitar, memanfaatkan media digital sebagai pasar alternatif, melakukan advokasi pendirian korporasi kelompok nelayan sebagai wadah pengembangan kapasitas usaha nelayan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Participatory Active Research (PAR) sehingga dalam prosesnya sarat akan partisipasi stakeholders dalam aksi perubahan sosial. Hasil dari penelitian aksi ini adalah adanya eskalasi kesadaran kritis warga atas problematika sosial, meningkatnya keterampilan kelompok nelayan dalam mengolah ikan, adanya manajemen pasar kelompok nelayan yang efektif, serta adanya dukungan dari pemerintah setempat untuk membantu pendirian koperasi usaha kelompok nelayan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abdalla, Aufa Ulil Absharaufaulilabshr@gmail.comB02219005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Pudjirahmawatipudji@yahoo.co.id2025036703
Subjects: Dakwah > Dakwah bil Hal
Organisasi Masyarakat
Pemberdayaan
Keywords: nelayan; tengkulak ikan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Aufa Ulil Abshar Abdalla
Date Deposited: 18 Apr 2023 03:36
Last Modified: 18 Apr 2023 03:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61642

Actions (login required)

View Item View Item