Strategi asosiasi media Pondok Jawa Timur dalam konten Dakwah di media sosial youtube

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wiyono, Teguh (2022) Strategi asosiasi media Pondok Jawa Timur dalam konten Dakwah di media sosial youtube. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Teguh Wiyono_F02719248.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi di era industri 4.0 membawa banyak perubahan dalam masyarakat mulai dari gaya hidup, budaya, makanan, cara berpakaian, komunikasi. Hal ini mengakibatkan dakwah di pondok pesantren menjadi tertinggal dan kefecktivanya berkurang. Akan tetapi tidak terkecuali dengan dakwah yang dijalankan oleh media pondok jawa timur di media sosial. Media pondok jawa timur merupakan sebuah asosiasi perkumpulan media dari pondok-pondok se jawa timur. Kini media pondok jatim berusaha dan mengembangkan dakwah pesantren ke media sosial terutama dalam media sosial youtube. Penelitian ini mengkaji strategi dakwah media pondok jawa timur di media sosial youtube dan apa hambatan dan tantangan dakwah media pondok jatim dalam proses dakwah di media sosial youtube. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancra mendalam serta dokumentasi. Kemudian penelitian ini di analisis menggunakan teori determinisme teknologi dari McLuhan, dan teori divusi inovasi dari Everett M Rogers, Konsep Strategi Dakwah Prof. Ali Aziz dan Strategi dakwah Al Bayanuni. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam perkembangan teknologi dan informasi di era industri 4.0 ini membawa perkembangan dakwah. Sebagaimana yang dilakukan oleh media pondok jatim yang melakukan dakwah dengan menggunakan strategi yang inovatif. Dalam penelitian ini di temukan bahwasanya konten dakwah di media sosial youtube media pondok jatim ada dua yang pertama konten fil pendek dakwah menggunakan konten film pendek ini jika di konfrimasi dengan strategi dakwah masuk pada Strategi Tilawah yang di tawarkan Prof Ali Aziz sedangkan jika di konfirmasi dengan strategi dakwah Al Bayanuni termasuk dalam strategi Indrawi. Kemudian untuk konten yang kedua adalah Live Streaming Pengajian Kitab Kuning. Konten ini di konfirmasi dengan konsep strategi dakwah Prof Ali Aziz sesuai dengan Strategi Ta’lim, kemudian jika di onfirmasi dengan konsep Al Bayanuni sesuai dengan Strategi Rasional. Kemudian hasil ini sesuai dengan focus penelitian tentang hambatan dan tantangan. hambatan dalam dakwah yang di lakukan oleh Media Pondok Jawa Timur yaitu. 1. Sumber Daya Manusia (SDM) Kurang Memadai 2. Peralatan Media Kurang Memadai 3. Kantor (sekretariat) 4. Jarak Pondok Pesantren. kemudian tantangannya adalah 1. Persaingan Konten Di Media Sosial 2. Perubahan Sikap Dan Karakter Khalayak. Ini adalah bentuk tantangan dan hambatan yang di temui dalam penelitian ini dalam dakwah Media Pondok Jawa Timur di media sosial Youtube.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wiyono, Teguhcjdw.teguh@gmail.comF02719248
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhriyah, Luluk Fikrielfikrizz@yahoo.com2004126901
Thesis advisorHamidah, Liliklilikhamidah89@gmail.com2017127301
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah > Dakwah, Strategi
Dakwah > Dakwah, Masyarakat
Keywords: Dakwah di Media Sosial; Dakwah Pesantrean; Kemajuan Teknologi.
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Teguh Wiyono tumiyem
Date Deposited: 16 Apr 2023 06:31
Last Modified: 16 Apr 2023 06:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61646

Actions (login required)

View Item View Item