Pesan dakwah lirik lagu Sebujubangkai Rhoma Irama: analisis Semiotik Cs. Peirce

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adani, Fikri Afi (2023) Pesan dakwah lirik lagu Sebujubangkai Rhoma Irama: analisis Semiotik Cs. Peirce. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fikri Afi Adani_B01219013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mencari pesan dakwah yang terkandung dalam lirik lagu Sebujur Bangkai karya Rhoma Irama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui isi pesan dakwah dalam lirik Sebujur Bangkai berdasarkan analisis semiotika. Peneliti dalam mencari makna pesan dakwah yang terkandung pada lirik lagu menggunakan pendekatan kualitatif dengan menganalisis data berupa lirik lagu, peneliti menggunakan analisis semiotika model Charles Sander Peirce dengan mengkaji sign (tanda), objek dan interpretant. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini. Peneliti menemukan makna pesan dakwah yang terdapat pada lagu meliputi (1) Aqidah, ada kehidupan setelah mati dan setiap perbuatan akan diperhitungkan di akhirat kelak. (2) Syariah, perintah dan anjuran untuk menyegerakan atau mempercepat penguburan jenazah. (3) Akhlak, selalu mengingat Allah dan jangan pernah terlena dengan perihal dunia. Selain itu masih banyak lagi pesan dakwah yang terkandung dalam lirik Sebujur Bangkai ini. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya yang menggunakan lagu ini untuk diteliti kembali dengan fokus untuk mencari pesan dakwah dapat melakukan penelitian dengan analisis yang berbeda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adani, Fikri Afifikriafi78@gmail.comB01219013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPrihananto, Prihanantoprih4n4nto@gmail.com2030126801
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Dakwah > Dakwah, Masyarakat
Keywords: Pesan Dakwah; Lagu Sebujur Bangkai; Semiotika Charles Sanders Pierce.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Apr 2023 04:24
Last Modified: 11 Apr 2023 04:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61647

Actions (login required)

View Item View Item