Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui sekolah penggerak di SD Muhammadiyah 1 Wringinanom Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indayati, Feni (2023) Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui sekolah penggerak di SD Muhammadiyah 1 Wringinanom Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Feni Indayati_D03219008 Ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui sekolah penggerak di SD Muhammadiyah 1 Wringinanom Kabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan dalam uji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui sekolah penggerak di SD Muhammadiyah 1 Wringinanom Kabupaten Gresik dilakukan dengan cara mengikutkan guru untuk seminar dan pelatihan (workshop), kedua faktor pendukung dalam penerapan peningkatan mutu melalui sekolah penggerak di SD Muhammadiyah 1 Wringinanom Kabupaten Gresik diantaranya: ditengah-tengah masyarakat dapat terima, memiliki sumber daya yang tanggap apabila diajak bergerak melakukan perubahan, memiliki siswa terbanyak sehingga dana yang ada bisa lebih banyak. Ketiga, faktor penghambat dalam penerapan peningkatan mutu melalui sekolah penggerak di SD Muhammadiyah 1 Wringinanom Kabupaten Gresik yakni adanya guru yang mungkin tidak punya waktu saat diikutkan seminar, kurangnya jaringan internet yang maksimal saat pelatihan sekolah penggerak, kemudian dibenturkan oleh masalah dana.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indayati, Fenifeni.ind123@gmail.comD03219008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis@uinsby.ac.id2011036701
Thesis advisorSulanam, Sulanamsulanam@uinsby.ac.id2030117901
Subjects: Manajemen
Pendidikan Islam
Kepemimpinan
Keywords: Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah; Mutu Pendidikan; Sekolah Penggerak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Feni Indayati
Date Deposited: 17 Apr 2023 07:16
Last Modified: 17 Apr 2023 07:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61652

Actions (login required)

View Item View Item