Pengaruh penerapan metode ummi dan metode tilawati terhadap kemampuan menghafal al qur'an juz 30 siswa kelas III MIN 2 Kota Surabaya dan MI Al Karim Wonocolo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriana, Devi Nur (2023) Pengaruh penerapan metode ummi dan metode tilawati terhadap kemampuan menghafal al qur'an juz 30 siswa kelas III MIN 2 Kota Surabaya dan MI Al Karim Wonocolo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Devi Nur Fitriana_D97219070.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah tidak adanya metode yang digunakan untuk dapat meningkatkan kemampuan menghafal Al Qur’an juz 30 siswa di MIN 2 Surabaya dan MI Al Karim Wonocolo Surabaya. Permasalahan tersebut berpengaruh pada pencapaian target hafalan siswa pada setiap tahunnya. Oleh karena itu, melalui metode ummi dan metode tilawati peneliti melakukan observasi terhadap peningkatan kemampuan menghafal Al Qur’an juz 30 siswa di MIN 2 Surabaya dan MI Al Karim Wonocolo Surabaya. Penelitian ini bertujuan : 1) untuk mengetahui kemampuan menghafal Al Qur’an juz 30 pada siswa yang diajar menggunakan metode ummi, 2) untuk mengetahui kemampuan menghafal Al Qur’an juz 30 pada siswa yang diajar menggunakan metode tilawati, 3) untuk mengetahui pengaruh penerapan metode ummi terhadap kemampuan menghafal Al Qur’an juz 30 dalam pembelajaran Al Qur’an siswa kelas III A MIN 2 Surabaya, 4) untuk mengetahui pengaruh penerapan metode tilawati terhadap kemampuan menghafal Al Qur’an juz 30 dalam pembelajaran Al Qur’an siswa kelas III B MI Al Karim Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian expost facto yaitu penyelidikan yang mengontrol variabel bebas tidak secara langsung dan tidak dapat dimanipulasi oleh peneliti karena variabel tersebut telah terjadi. Penelitian dilakukan dengan melaksanakan tes lisan tentang hafalan juz 30 pada siswa. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Berdasarkan data nilai tes lisan metode ummi, rata-rata skor tes lisan siswa adalah 87,39. Dari hasil skor tes lisan dapat disimpulkan bahwa kemampuan menghafal Al Qur’an juz 30 dengan menggunakan metode ummi siswa kelas III A MIN 2 Surabaya adalah kategori Sangat Baik. 2) Berdasarkan data nilai tes lisan metode tilawati, rata-rata skor tes lisan siswa adalah 90,14. Dari hasil skor tes lisan dapat disimpulkan bahwa kemampuan menghafal Al Qur’an juz 30 dengan menggunakan metode tilawati siswa kelas III B MI Al Karim Surabaya adalah kategori Sangat Baik. 3) Hasil uji hipotesis dengan rumus uji regresi linear sederhana menunjukkan nilai signifikansi yang diperoleh yaitu sig. 0,000 < 0,05. Nilai signifikansi yang kurang dari 0,05 menunjukkan bahwa variabel X1 (metode ummi) memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap variabel Y (kemampuan menghafal). 4) Hasil uji hipotesis dengan rumus uji regresi linear sederhana menunjukkan nilai signifikansi yang diperoleh yaitu sig. 0,000 < 0,05. Nilai signifikansi yang kurang dari 0,05 menunjukkan bahwa variabel X2 (metode tilawati) memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap variabel Y (kemampuan menghafal).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriana, Devi Nurfitriananurdevi24@gmail.comD97219070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinsihabudin@uinsby.ac.id2020027701
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthonmas'ud@uinsby.ac.id2010097301
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Penelitian
Penelitian

Al Qur'an
Keywords: Metode Ummi; Metode Tilawati; Kemampuan Menghafal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Devi Nur Fitriana
Date Deposited: 17 Apr 2023 02:39
Last Modified: 17 Apr 2023 02:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61658

Actions (login required)

View Item View Item