Adaptasi antarbudaya mahasiswa Madura di UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pradana, Rafinanta Afif (2023) Adaptasi antarbudaya mahasiswa Madura di UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rafinanta Afif Pradana_ B95218130.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah yang di teliti pada penelitian ini ialah bagaimana proses adaptasi antarbudaya mahasiswa Madura di UIN Sunan Ampel Surabaya. Serta bagaimana hambatan yang dialami oleh mahasiswa Madura di program studi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya. Untuk menjawab permasalahan secara terperinci dan mendalam, serta memaprkan data tentang proses Adaptasi antar budaya mahasiswa Madura di UIN Sunan Ampel Surabaya, maka peneliti disini menggunakan metode kualitatif.. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dan berdasarkan Teori Akomodasi Komunikasi. Dari hasil penelitian, menghasilkan bahwa mahasiswa madura mampu beradaptasi dengan baik dan merasa nyaman di lingkungan program studi ilmu komunikasi, terdapat perbedaan di setiap mahasiswa Madura dalam proses adaptasi. Perbedaannya adalah terdapat mahasiswa Madura yang sudah, maupun belum mengenal kebudayaan di Surabaya, selain itu kebudayaan di Surabaya dinilai asing dan berbeda oleh sebagaian mahasiswa Madura. Disisi lain terdapat beberapa hambatan dalam proses adaptasi, yang diantaranya adalah sering mengalami miss communication dan kesulitan da. Hal ini tidak lepas dari mahasiswa luar Madura yang lebih mendominasi dalam proses adaptasi yang dilakukan oleh mahasiswa Madura

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pradana, Rafinanta Afifrafinantaafi@gmail.comB95218130
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSalisah, Nikmah Hadiatinikmah_hs@yahoo.co.id2014017301
Subjects: Ilmu Komunikasi
Adat
Keywords: Adaptasi antarbudaya; mahasiswa Madura; UIN Sunan Ampel Surabaya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rafinanta Afif Pradana
Date Deposited: 17 Apr 2023 04:27
Last Modified: 17 Apr 2023 04:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61666

Actions (login required)

View Item View Item