Implementasi kurikulum merdeka mandiri berubah pada pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di UPT SMP Negeri 2 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustin, Fia Ayu Putri (2023) Implementasi kurikulum merdeka mandiri berubah pada pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di UPT SMP Negeri 2 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fia Ayu Putri Agustin _D91219112.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kurikulum Merdeka Mandiri Berubah merupakan kurikulum yang dipilih UPT SMP Negeri 2 dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka yang dicetuskan oleh Menteri Pendidikan dan Kebuyaan, Nadiem Makarim. Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) mengetahui desain kurikulum merdeka mandiri berubah pada pembelajaran PAI di UPT SMP Negeri 2 Gresik, (2) implementasi kurikulum merdeka mandiri berubah pada pembelajaran PAI di UPT SMP Negeri 2 Gresik, serta (3) evaluasi kurikulum merdeka mandiri berubah pada pembelajaran PAI di UPT SMP Negeri 2 Gresik. Upaya yang dilakukan untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, maka jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Penelitian yang menarasikan data dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Pendekatan ini dianggap sesuai dengan penelitian karena mengungkapkan implementasi kurikulum merdeka belajar, khususnya pada pembelajaran PAI. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yakni wawancara, observasi, serta dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapatkan yakni 1) Desain Kurikulum Merdeka Mandiri Berubah pada pembelajaran PAI di UPT SMP Negeri 2 yakni sesuai CP dari pusat yang dikembangkan oleh guru pengampu PAI melalui modul ajar yang dibuat. 2) Implementasi Kurikulum Merdeka Mandiri Berubah pada pembelajaran PAI di UPT SMP Negeri 2 Gresik dilaksanakan sesuai dengan pemahaman guru dan ketika ada problem dalam proses pembelajaran dicari solusinya secara bersama melalui MGMPS PAI dan rapat guru. 3) Evaluasi Kurikulum Merdeka Mandiri Berubah pada pembelajaran PAI di UPT SMP Negeri 2 Gresik dilakukan secara internal dan eksternal dari UPT SMP Negeri 2 Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustin, Fia Ayu Putrifiaayuputriagustin@gmail.comD91219112
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDamanhuri, Damanhuridamanhuri@mail.com2010045302
Thesis advisorAmrullah, Amrullahaamrullahaziz@gmail.com2003097303
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Keywords: Kurikulum merdeka; IKM mandiri berubah; PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fia Ayu Putri Agustin
Date Deposited: 17 Apr 2023 04:17
Last Modified: 17 Apr 2023 04:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61670

Actions (login required)

View Item View Item