Pemanfaatan Instagram sebagai media membangun kesadaran berbagi generasi milenial

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amalia, Gita (2023) Pemanfaatan Instagram sebagai media membangun kesadaran berbagi generasi milenial. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Gita Amalia_B75219055.pdf

Download (1MB)

Abstract

Komunitas Pegiat Nasibungkus Surabaya hadir dengan inovasinya berupa konten kreatif yang berisi ajakan berbagi yang disebarluaskan dengan memanfaatkan instagram sebagai media yang digunakan untuk mengajak generasi milenial agar memiliki kesadaran berbagi. Berdasarkan hal tersebut peneliti ingin mengetahui proses komunitas ini memproduksi konten di instagram untuk membangun kesadaran berbagi generasi milennial beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Untuk menemukan jawaban dari persoalan tersebut, peneliti melakukan penelitian pada komunitas Pegiat Nasibungkus Surabaya, dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teori difusi inovasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses yang harus dilakukan oleh komunitas pegiat nasibungkus Surabaya yaitu, 1) Proses Menentukan Content Pillar dan Campaign Berbagi, 2) Menuangkan ide kreatif saat produksi konten instagram agar pesan ajakan berbagi dapat diterima oleh generasi milenial 3) Menerapkan etika kesopanan saat proses produksi konten di instagram, 4) Publikasi konten dengan memanfaatkan fitur-fitur instagram dalam menyebar luaskan syiar kebaikan berbagi. Faktor pendukung dalam produksi konten instagram yaitu, 1) Banyaknya talent baik dari pengurus maupun volunteer, 2) Keahlian dan semangat dalam membuat konten instagram sehingga dapat konsisten mengajak generasi milenial untuk berbagi kebaikan, 3) Feedback postif. Sedangkan hambatannya yaitu saat kehabisan ide untuk membuat konten.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amalia, Gitaamaliagita06@gmail.comB75219055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamidah, Liliklilikhamidah89@gmail.com2017127301
Subjects: Wakaf
Keywords: Instagram; Generasi milenial; Komunitas; Konten; Berbagi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: gita amalia
Date Deposited: 18 Apr 2023 02:24
Last Modified: 18 Apr 2023 02:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61677

Actions (login required)

View Item View Item