Hadis zuhud dalam kitab al-Arba’in Nawawi karya Syeikh Muhyiddin Abi Zakaria Yahya bin Sharaf al-Nawawi:studi ma’anil hadis riwayat Ibn Majah no indeks 4120 melalui pendekatan psikologi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kusairi, kusairi (2023) Hadis zuhud dalam kitab al-Arba’in Nawawi karya Syeikh Muhyiddin Abi Zakaria Yahya bin Sharaf al-Nawawi:studi ma’anil hadis riwayat Ibn Majah no indeks 4120 melalui pendekatan psikologi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kusairi-E05219017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sikap zuhud jika kita lihat di zaman sekarang ini masih sangat minim sekali, padahal esensi zuhud ialah meninggalkan segala sesuatu yang tiada manfaatnya untuk akhirat, Hadis dalam skripsi ini diteliti dengan menggunakan metode kritik sanad dan matan yang relevan, sehingga penelitian ini bertujukan untuk memberikan pemaknaan hadis secara jelas. penelitian ini membahas kepada kualitas dan kehujjahan hadis zuhud dalam kitab al-Arba’in al-Nawawi riwayat Ibn Majah no indeks 4120, kemudian membahas Sains hadis tentang zuhud, serta membahas implikasinya dalam kehidupan. Penelitian ini bersifat Library research sehingga menggunakan sumber dari berbagai buku, jurnal, skripsi, dan literature lainnya. Data Primer yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kitab Ibn Majah no indeks 4120. Sedangkan data sekunder diperoleh dari literatur yang memiliki relevansi pada objek penelitian ini untuk mempermudah dalam proses penelitian, adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini hingga analisa terhadap hadis riwayat Ibn Majah no indeks 4120 bahwa sanad hadis tersebut adalah da’if dan matannya sahih karena tidak bertentangan dengan hadis lain tidak bertentangan dengan ayat al-Qur’an, juga tidak bertentangan dengan akal sehat, kemudian ditunjang oleh hadis sahih dari periwayatan yang lain maka hadis zuhud adalah hasan lighairihi , dan boleh dijadikan sebagai hujjah, zuhud juga memliki beberapa implikasi yang positif diantaranya memberi ketenangan hati, kesehatan pada mental, juga menghilangkan stress, oleh karena itu konsep zuhud sangatlah penting bagi masyarakat karena Dr. Kenneth Koch, mengutip Everdayhealth bahwa saat stress tubuh akan memberikan respons terhadap bahaya atau hal yang tak menyenangkan dengan lebih banyak memproduksi kortisol, akibatnya detak jantung menjadi cepat dan hati melepas lebih banyak glukosa untuk mengganti energy tubuh, selain itu zuhud juga dapat mengatasi problem kemiskinan dan mengatasi problem korupsi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kusairi, kusairikusairias84@gmail.comE05219017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFadlilah, Nurnurfadlilah.uinsa@gmail.com2031015801
Subjects: Psikologi
Hadis
Keywords: Ibn Majah; al-Arba’in al-Nawawi; pemaknaan hadis; implikasi zuhud pada kehidupan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Kusairi Kusairi
Date Deposited: 05 May 2023 02:26
Last Modified: 05 May 2023 02:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61713

Actions (login required)

View Item View Item