Peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia melalui model cooperative learning type talking stick pada peserta didik kelas III MI al Asyhar Sungonlegowo Bungah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmah, Ika Maulidiyah (2023) Peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia melalui model cooperative learning type talking stick pada peserta didik kelas III MI al Asyhar Sungonlegowo Bungah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ika Maulidiyah Rahmah_D07219015.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia kelas III MI Al Asyhar Sungonlegowo Bungah Gresik menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik terhadap materi menggali informasi tentang sumber energi termasuk dalam kategori tidak baik yaitu 29%, dibuktikan dengan dilaksanakan pre-test pada pra siklus dari 24 peserta didik hanya 7 peserta didik yang tuntas. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, bahwa rendahnya hasil belajar disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan guru kurang menarik. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut yakni melalui penerapan model Cooperative Learning Type Talking Stick. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin, tiap siklusnya terdiri dari empat tahapan, yakni: 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III MI Al Asyhar Sungonlegowo Bungah Gresik tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah peserta didik 24 orang, dengan laki laki sebanyak 13 orang dan perempuan 11 orang. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Penggunaan model Cooperative Learning Type Talking Stick untuk meningkatkan hasi belajar Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas III MI Al Asyhar Sungonlegowo Bungah Gresik dilaksanakan dengan baik. Hal ini dibuktikan dari hasi nilai akhir aktivitas guru siklus I adalah 73,75 meningkat menjadi 95 pada siklus II. Sedangkan untuk hasil nilai akhir aktivitas siswa siklus I adalah 76,25 meningkat menjadi 95 pada siklus II (2) Hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas III MI Al Asyhar Sungonlegowo Bungah Gresik menggunakan model Cooperative Learning Type Talking Stick mengalami peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil belajar pada pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pada pra siklus diperoleh hasil 29% dan rata rata nilai 63,3. Pada siklus I mengalami peningkatan diperoleh hasil 58,3% dan rata rata nilai 76,45. Dan pada siklus II mengalami peningkatan diperoleh hasil 83,3% dan rata rata nilai 84,79.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmah, Ika Maulidiyahd07219015@student.uinsby.ac.idD07219015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Thesis advisorFarisia, Hernikhernikfarisia@uinsby.ac.id2008088301
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil belajar; model cooperative learning; type talking stick
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ika Maulidiyah Rahmah
Date Deposited: 27 Apr 2023 04:47
Last Modified: 27 Apr 2023 04:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61746

Actions (login required)

View Item View Item