Efektivitas penerapan metode Market Place Activity dalam meningkatkan pemahaman peserta Didik Kelas IX pada mata pelajaran PAI di UPT SMPN 10 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khofifah, Khofifah (2023) Efektivitas penerapan metode Market Place Activity dalam meningkatkan pemahaman peserta Didik Kelas IX pada mata pelajaran PAI di UPT SMPN 10 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khofifah_D91219117 Ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menawab rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana Pemahaman Peserta Didik Kelas IX Pada Mata Pelajaran PAI Sebelum Diterapkan Metode Market Place Activity di UPT SMPN 10 Gresik? (2) Bagaimana Pemahaman Peserta Didik Kelas IX Pada Mata Pelajaran PAI Sesudah Diterapkan Metode Market Place Activity di UPT SMPN 10 Gresik? (3) Bagaimana Efektivitas Metode Market Place Activity Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Kelas IX Pada Mata Pelajaran PAI di UPT SMPN 10 Gresik?.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas IX E sebagai kelas eksperimen dan kelas IX F sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Sedangkan analisis datanya menggunakan uji t yakni Independent Samples t-Test (sampel tidak berpasangan). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pemahaman peserta didik kelas IX pada mata pelajaran PAI sebelum diterapkan metode Market Place Activity di UPT SMPN 10 Gresik termasuk dalam kategori kurang baik dengan dibuktikan hasil ketuntasan belajar dari kelas eksperimen sebesar 15,62 % dan kelas kontrol sebesar 12,5 % dimana hasil tersebut < 24%. (2) Pemahaman peserta didik kelas IX pada mata pelajaran PAI sesudah diterapkan metode Market Place Activity di UPT SMPN 10 Gresik pada kelas eksperimen termasuk dalam kategori sangat baik dengan dibuktikan dari hasil ketuntasan belajar siswa setelah di terapakan metode MPA sebesar 96,87 %. Sedangkan pada kelas kontrol ketuntasan belajar siswa sebesar 81,25 % (3) Metode Market Place Activity efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik kelas IX pada mata pelajaran PAI di UPT SMPN 10 Gresik dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dengan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar yakni 91,72 sedangkan rata-rata kelas kontrol 84,50 dan pemahaman peserta didik pada kelas eksperimen meningkat sebesar 81,25 %. Sedangkan pada kelas kontrol meningkat sebesar 68,75 %.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khofifah, Khofifahkhofifahovi255@gmail.comD91219117
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Thesis advisorTolchah, Mochmochtolchah@yahoo.com2005035301
Subjects: Pendidikan Islam
Pengajaran
Keywords: Pemahaman; Metode Market Place Activity; PAI.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khofifah Khofifah
Date Deposited: 28 Apr 2023 01:51
Last Modified: 28 Apr 2023 01:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61748

Actions (login required)

View Item View Item