Efektivitas penggunaan media Flipbook dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII di UPT SMP Negeri 9 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfarizi, Muhammad Salman (2023) Efektivitas penggunaan media Flipbook dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII di UPT SMP Negeri 9 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Salman Alfarizi_D91219135.pdf

Download (2MB)

Abstract

Flipbook merupakan buku digital yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja, buku digital ini mampu mengkombinasikan materi dengan media-media lain seperti audio, video, animasi, link, dan beberapa fitur menarik lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji beberapa masalah yaitu (1) Implementasi penggunaan media Flipbook dalam pembelajaran PAI pada siswa kelas VII UPT SMP Negeri 9 Gresik (2) Minat belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PAI sebelum dan setelah menggunakan media Flipbook di UPT SMP Negeri 9 Gresik? (3) Efektivitas media Flipbook dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VII UPT SMP Negeri 9 Gresik. Penelitian ini termasuk jenis field research dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif, data yang terkumpul merupakan hasil kuesioner dan dokumentasi melalui teknik purposive sampling. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah independent t-test untuk melihat signifikasi perbedaan kelas kontrol dan eksperimen dan N-Gain Score untuk mengukur efektivitas penggunaan media flipbook. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa (1) Implementasi media pembelajaran Flipbook di UPT SMP Negeri 9 Gresik meliputi kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Kegiatan ini dilakukan dengan cara peneliti menayangkan video animasi (flipbook) dengan menggunakan Laptop dan LCD agar video dapat dilihat oleh seluruh siswa. Pelaksanaan pembelajaran PAI dengan menggunakan media flipbook dapat dikatakan aktif. Hal ini terlihat dari antusias dan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran (2) Minat belajar siswa sebelum penggunaan media Flipbook cenderung rendah, pada kelas kontrol mendapatkan hasil rata-rata 73,34, sementara kelas eksperimen mendapatkan hasil 76,13. Minat belajar siswa setelah penggunaan media Flipbook cenderung lebih baik, pada kelas kontrol mendapatkan hasil rata-rata 81,50, sementara pada kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 86,65. (3) Ada efektivitas penggunaan media Flipbook dalam pembelajaran PAI untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII di UPT SMP Negeri 9 Gresik, hal ini dibuktikan dengan Independent T-Test yang mendapatkan hasil 4.656 > 1,99962 (t hitung lebih besar daripada t tabel) menunjukkan arti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam penggunaan media Flipbook atau tidak dalam pembelajaran PAI. Nilai efektivitas penggunaan media diafsirkan menggunakan N-Gain Score yang mana hasil tes tersebut untuk kelas eksperimen adalah sebesar 0,44 termasuk kategori sedang dengan nilai N-Gain scroe minimal 0,20 dan maksimal 0,63. Sementara untuk rata-rata N-Gain Score untuk kelas kontrol adalah sebesar 0,28 termasuk kategori rendah dengan nilai N-Gain scroe minimal -0,05 dan maksimal 0,57.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfarizi, Muhammad Salmansalmanalfarizi6889@gmail.comD91219135
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaizin, Moh.faizin7172@gmail.com2015087202
Thesis advisorFahmi, Muhammadmuhammadfahmi@uinsby.ac.id2106087701
Subjects: Minat Siswa
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Pendidikan > Media
Keywords: Efektivitas; Media Pembelajaran Flipbook; Minat Belajar Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Salman Alfarizi
Date Deposited: 28 Apr 2023 07:39
Last Modified: 28 Apr 2023 07:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61753

Actions (login required)

View Item View Item