التحليل التقابلي بين اللغة الإندونيسية واللغة العربية على مستوى فعل الأمر وفعل النهي والإستفادة منه في تعليم مهارة الكتابة لدى طلاب الصف التاسع بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 3 سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alisha, Marya Alvina (2023) التحليل التقابلي بين اللغة الإندونيسية واللغة العربية على مستوى فعل الأمر وفعل النهي والإستفادة منه في تعليم مهارة الكتابة لدى طلاب الصف التاسع بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 3 سورابايا. Undergraduate thesis, UINS Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Marya Alvina Alisha_D7221940.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini antara lain: untuk mengetahui persamaan dan perbedaan antara bahasa Indonesia dan bahasa Arab mengenai fiil amar dan fiil nahi, untuk mengetahui kesulitan yang diramalkan akan dihadapi siswa MTsN 3 Kota Surabaya ketika belajar fiil amar dan fiil nahi serta solusinya, dan untuk mengetahui manfaat dari hasil analisis kontrastif antara bahasa Indonesia dan bahasa Arab mengenai bab fiil amar dan fiil nahi serta manfaatnya dalam pembelajaran keterampilan menulis siswa kelas IX MTsN 3 Kota Surabaya. Peneliti menggunakan analisa kontrastif dengan pendekatan kualitatif deskriptif, Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Adapun metode pengumpulan datanya yakni menggunakan data literatur primer dan data sekunder, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: terdapat enam persamaan dan lima perbedaan fiil amar yang ada dalam kedua bahasa terdapat lima persamaan dan tiga perbedaan fiil nahi yang ada dalam kedua bahasa. Terdapat beberapa kesulitan diantaranya adalah membentuk fiil amar dan fiil nahi sesuai dengan kaidah yang ada dan belum mengetahui kaidah penulisan yang benar. Adapun manfaatnya terhadap pembelajaran keterampilan menulis siswa kelas IX MTsN 3 Kota Surabaya, yaitu membantu membedakan fiil amar dan fiil nahi dalam bahasa kedua sehingga dapat menulis dengan benar sesuai dengan kaidah yang ada.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alisha, Marya Alvinamaryaalisha18@gmail.comD72219040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, Muhammadmuhammadthohir@uinsby.ac.id2025077406
Thesis advisorHanifah, Umiumihanifah@uinsby.ac.id2028097802
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan
Keywords: Analisis kontrastif; fiil amar; fiil nahi; keterampilan menulis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Marya Alvina Alisha
Date Deposited: 28 Apr 2023 02:03
Last Modified: 28 Apr 2023 02:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61761

Actions (login required)

View Item View Item