Kausalitas kebahagiaan dalam QS. al Maidah [5]: 35: Studi tafsir muqaran kontemporer

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lathifa, Syifa Nurul (2023) Kausalitas kebahagiaan dalam QS. al Maidah [5]: 35: Studi tafsir muqaran kontemporer. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syifa Nurul Lathifa_E73219067 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini memaparkan Kausalitas Kebahagiaan yang terdapat dalam QS. al-Ma’idah [5]: 35 dengan menggunakan kajian pustaka (library research) dan pendekatan penafsiran tokoh. Kitab yang digunakan sebagai rujukan primer dalam penelitian ini yaitu Tafsi>r al-Wasi>t} li al-Qur’>an al-Kari>m karya Muhammad Sayyid T}ant}awi>, Tafsi>r al-Sya’ra>wi karya Mutawalli al-Sha’ra>wi> dan Tafsi>r al-Mara>ghi karya Ahmad Must}afa al-Mara>ghi>. Dipilihnya ketiga tafsir tersebut karena penafsirannya lebih komprehensif dibandingkan kitab tafsir kontemporer lainnya. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pandangan para mufasir terhadap QS. al-Ma’idah [5]: 35 dan 2) Bagaimana persamaan serta perbedaan penafsiran mufasir kontemporer terhadap sarana memperoleh kebahagiaan berdasarkan QS. al-Ma’idah [5]: 35. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan kausalitas kebahagiaan dalam QS. al-Ma’idah [5]: 35 menurut mufasir kontemporer dan mendeskripsikan persamaan dan perbedaan penafsiran mufasir kontemporer terhadap makna kebahagiaan dalam QS. al-Ma’idah [5]: 35. Untuk mendapatkan pemahaman yang utuh dari ketiga kitab tafsir yang telah disebutkan, data dari ketiga kitab akan dideskripsikan lalu dianalisis dengan mengkomparasikan ketiga penafsiran lalu ditarik benang merahnya untuk dijadikan sebuah kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwasanya penafsiran ketiga mufasir terhadap QS. al-Ma’idah [5]: 35 memiliki makna yang kurang lebih sama dan saling mendukung satu sama lainnya. Hal tersebut bisa jadi karena ketiganya pernah bertemu pada zaman yang sama sehingga konteks yang ada kurang lebih juga sama. Dalam Tafsi>r al-Wasi>t disebutkan secara jelas bahwasanya ayat ini memiliki tiga poin utama yang apabila dilakukan, seseorang akan memperoleh kebahagiaan. Ketiga poin tersebut adalah perintah untuk bertakwa kepada Allah, mencari jalan untuk mendekatkan diri kepada-Nya dan berjuang di jalan-Nya. Ketiga cara untuk memperoleh kebahagiaan ini dijelaskan secara rinci oleh ketiga penafsiran dan bisa dilihat di bab-bab dalam penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lathifa, Syifa Nurulsyifala24@gmail.comE73219067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusyarrofah, MusyarrofahUNSPECIFIED197106141998032002
Subjects: Jihad
Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Kebahagiaan; kausalitas; tafsir muqaran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Syifa Lathifa
Date Deposited: 02 May 2023 02:21
Last Modified: 02 May 2023 02:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61762

Actions (login required)

View Item View Item