Implementasi Kurikulum Merdeka dimensi Gotong Royong dan relevansinya dengan nilai-nilai PAI di SMA Negeri 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Billa, Ratna Talia Syasa (2023) Implementasi Kurikulum Merdeka dimensi Gotong Royong dan relevansinya dengan nilai-nilai PAI di SMA Negeri 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, uin sunan ampel surabaya.

[img] Text
Ratna Talia Syasa Billa_D71219082 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang diciptakan oleh Nadiem Makarim, menteri pendidikan Indonesia yang menjadi trobosan baru setelah kurikulum prototype dan sebagai pengganti pasca covid 19. Dalam melakukan penerapan Kurikulum Merdeka, Sekolah bebas memilih 3 pilihan dalam pengimplementasiannya. Yang pertama yaitu tetap memakai Kurikulum Merdeka ini tanpa melupakan kurikulum sebelumnya. Kedua, menggunakan sarana pembelajaran yang telah disiapkan. Yang terakhir, pengembangan perangkat pembelajaran pada kurikulum ini. Sebagaimana yang kita ketahui dalam Kurikulum Merdeka ini terdapat istilah capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, alur tujuan pembelajaran, perangkat ajar, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) serta yang terakhir ada istilah asesmen atau penilaian. Dalam pengimplementasian Kurikulum Merdeka, Sekolah yang biasa menggunakan kurikulum ini ialah Sekolah Penggerak. Tetapi, Sekolah tempat peneliti melakukan penelitian ini bukan merupakan Sekolah Penggerak, serta dimensi yang terdapat dalam Kurikulum Merdeka ini sebenarnya ada 6. Namun, peneliti memfokuskan untuk meneliti pada dimensi gotong royong. Nilai-nilai kegotong royongan ini juga relevan dengan nilai-nilai PAI. Seperti nilai kepedulian serta tolong-menolong dalam kebaikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Billa, Ratna Talia Syasasalsabilaratnatalia@gmail.comD71219082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNiam, KhoirunUNSPECIFIED197007251996031004
Thesis advisorAssegaf, Abd. RachmanUNSPECIFIED196403121995031001
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Keywords: Kurikulum Merdeka
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ratnatalia syasa billa
Date Deposited: 02 May 2023 02:05
Last Modified: 02 May 2023 02:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61768

Actions (login required)

View Item View Item